Inggris Gelar Pemilu 4 Juli 2024

Siapa saja kandidat calon PM Inggris?

Intinya Sih...

  • Pemilu Inggris diadakan pada Kamis 4 Juli 2024 dengan permintaan dipercepat oleh PM Rishi Sunak yang menghadapi tekanan dari Partai Konservatif.
  • PM Sunak, keturunan India dan beragama Hindu, dikecam karena kinerjanya dalam kesehatan, imigrasi, dan dukungan terhadap Israel. Nigel Farage juga mencalonkan diri sebagai kandidat pro-Brexit.
  • Jajak pendapat menunjukkan potensi kemenangan Partai Buruh dipimpin oleh Keir Starmer. Sementara ada tiga kandidat minoritas lainnya yaitu Ed Davey, John Swinney, dan Carla Denyer.

Jakarta, IDN Times - Inggris bakal menggelar pemilihan umum pada Kamis 4 Juli 2024 besok. Pemilu Inggris ini juga terbilang cepat lantaran Perdana Menteri Rishi Sunak meminta gelarannya dipercepat.

Dilansir BBC, Senin (1/7/2024), Sunak meminta pemilu dipercepat ketika Partai Konservatif yang dinaunginya diduga mulai ditinggalkan para pendukung. Sebaliknya, jajak pendapat terbaru memprediksi Partai Buruh bisa menang dalam pemilu tahun ini.

Pemilu ini juga sebagai pemilu perdana Sunak usai dia terpilih sebagai pemimpin Partai Konservatif via pemungutan suara internal di parlemen pada Oktober 2022.

Baca Juga: Rishi Sunak Tinggalkan Peringatan D-Day Lebih Awal Demi Wawancara TV

1. Pemilu perdana Rishi Sunak

Inggris Gelar Pemilu 4 Juli 2024Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak bersama seorang veteran Perang Dunia. (twitter.com/@RishiSunak)

Sunak memutuskan untuk ikut dalam laga pemilu Inggris, yang juga merupakan perdana bagi dirinya. Pasalnya, Sunak naik ke kursi PM bukan karena pemilu tetapi menggantikan Liz Truss yang digulingkan pada September 2022. Sunak juga merupakan PM pertama Inggris yang keturunan India dan beragama Hindu.

Saat ini, Sunak tengah menghadapi protes dari masyarakat Inggris karena dianggap gagal menepati janjinya di bidang kesehatan serta menghentikan masuknya imigran ke Inggris. Ia juga dikecam karena mendukung Israel melakukan genosida ke Jalur Gaza.

2. Siapa saja calon PM lainnya?

Ada Nigel Farage, kandidat dari Partai Reform. Ia dianggap sebagai sosok lama di dunia politik Inggris yang kerap ‘membuat onar’.

Farage juga pro-Brexit, yang membujuk warga Inggris untuk melakukan referendum agar meninggalkan Uni Eropa pada 2016. Farage juga dikenal sebagai sosok yang rasis.

Baca Juga: Setelah Biden, Giliran PM Inggris Rishi Sunak Kunjungi Israel 

3. Partai Buruh diprediksi bisa menang

Sesuai dengan jajak pendapat terbaru di Inggris, Partai Buruh bisa saja memenangkan pemilu tahun ini. Adapun kandidat calon PM dari Partai Buruh adalah Keir Starmer.

Ia adalah mantan kepala jaksa penuntut umum dan juga mantan pengacara HAM. Starmer dinilai sebagai sosok yang bisa membantu Inggris bangkit dari situasi ekonomi yang buruk. Lalu ada tiga kandidat PM lainnya yaitu Ed Davey, John Swinney dan Carla Denyer yang berasal dari partai minoritas di Inggris.

Baca Juga: PM Inggris Rishi Sunak Ingin Inggris Jadi Pusat Global AI

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya