Indonesia Puji Langkah Slovenia yang Akui Palestina

Slovenia berkomitmen dengan kemerdekaan Palestina

Intinya Sih...

  • Slovenia secara resmi mengakui Negara Palestina setelah pemungutan suara mayoritas di parlemen.
  • Keputusan ini membuat Slovenia menjadi negara ke-147 yang mengakui Palestina, mendapat dukungan dari Norwegia, Irlandia, dan Spanyol.
  • Menteri Luar Negeri Israel berharap anggota parlemen Slovenia menolak rekomendasi tersebut karena dianggap memberi penghargaan kepada Hamas.

Jakarta, IDN Times - Indonesia menyambut baik keputusan Slovenia yang secara resmi sudah mengakui Negara Palestina.

“Ini adalah kebangkitan hati nurani kolektif kita dan langkah penting menuju solusi dua negara. Bersama-sama, kita akan terus membela keadilan dan kemanusiaan untuk Palestina,” sebut pernyataan Kementerian Luar Negeri RI, Kamis (6/6/2024).

1. Slovenia akui Palestina

Indonesia Puji Langkah Slovenia yang Akui Palestinailustrasi peran masyarakat umum untuk bebaskan Palestina (Pexels.com/Alfo Medeiros)

Slovenia akhirnya resmi mengakui Negara Palestina, setelah parlemen negara tersebut menyetujui langkah yang diumumkan pemerintah sebelumnya. Pemungutan suara soal pengakuan Palestina ini juga meraup suara mayoritas.

“Hari ini adalah hari bersejarah. Majelis Nasional Slovenia telah secara resmi mengakui Palestina. Menjadikan Slovenia negara ke-147 yang mengakui Palestina,” kata Menteri Luar Negeri Slovenia, Tanja Fajon.

“Pengakuan ini merupakan ekspresi komitmen kami terhadap perdamaian dan keadilan. Slovenia berada di sisi yang benar dalam sejarah, berkontribusi pada solusi dua negara untuk perdamaian abadi,” ungkap Fajon.

Baca Juga: Presiden Palestina Kritik Khamenei karena Puji Serangan Hamas

2. Tidak ada suara menentang di parlemen Slovenia

Dalam pemungutan suara kemarin malam, dari 90 kursi majelis, 52 suara mendukung Slovenia mengakui Negara Palestina. Tidak ada suara yang menentang dari pemungutan suara ini, tapi memang ada yang abstain.

Keputusan Slovenia ini diambil beberapa hari setelah Norwegia, Irlandia dan Spanyol kompak mengakui Palestina.

Baca Juga: Indonesia Dorong Negara Lain Segera Akui Palestina

3. Israel sempat berharap parlemen Slovenia menolaknya

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz berharap anggota parlemen Slovenia bisa menolak usulan tersebut.

“Keputusan pemerintah Slovenia untuk merekomendasikan parlemen mengakui Palestina adalah jalan untuk memberi penghargaan kepada Hamas. Saya harap parlemen Slovenia menolak rekomendasi ini,” ucap Katz.

 

Baca Juga: Daftar Negara Asia yang Mendukung Palestina, Ada Indonesia

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya