Indonesia-Malaysia Kompak Bakal Tegas soal Palestina

Dua negara terus suarakan kemerdekaan Palestina

Intinya Sih...

  • Indonesia dan Malaysia bersuara untuk mendukung kemerdekaan Palestina.
  • Kedua negara sepakat untuk aktif di forum internasional dan secara bilateral dalam mendukung Palestina.
  • Korban tewas di Gaza terus bertambah akibat serangan Israel, mencapai 37.900 orang.

Jakarta, IDN Times - Palestina menjadi isu yang tidak terlewatkan pembahasannya oleh Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Malaysia Mohamad Hasan.

“Di dalam pertemuan bilateral, kita juga membahas isu Palestina. Indonesia dan Malaysia memiliki keprihatinan yang sama terhadap situasi di Palestina. Kedua negara juga memiliki komitmen yang kuat untuk mendukung kemerdekaan Palestina,” kata Retno, dalam keterangannya, Kamis (4/7/2024).

Baca Juga: PM Malaysia Telepon Prabowo, Bahas Kerja Sama untuk Palestina

1. Indonesia dan Malaysia kompak tetap tegas soal Palestina

Indonesia-Malaysia Kompak Bakal Tegas soal PalestinaMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Malaysia, Mohamad bin Hasan (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Retno mengatakan, Indonesia dan Malaysia sepakat untuk terus bersikap tegas dan aktif di berbagai forum internasional, seperti OKI, PBB, dan jalur multilateral lainnya, serta secara bilateral akan terus mendukung Palestina.

“Saya sampaikan bahwa Indonesia akan terus lakukan upaya untuk memastikan adanya gencatan senjata yang segera dan permanen, tersampaikannya bantuan kemanusiaan tanpa hambatan, dan persiapan bagi dibentuknya negara Palestina (termasuk masalah pengakuan dan keanggotaan penuh di PBB), serta tentunya kita akan terus dorong implementasi dari two-state solution,” ucap Retno.

2. Bahas Palestina ketika bertemu PM Anwar Ibrahim

Di Kuala Lumpur, Retno juga sempat melakukan kunjungan kehormatan kepada Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim. Isu Palestina juga kembali disorot oleh keduanya.

“Dengan Perdana Menteri, kita juga membahas keprihatinan kita terhadap situasi di Gaza. Indonesia dan Malaysia memiliki posisi yang sama, dalam membela keadilan dan kemanusiaan bagi bangsa Palestina,” ucap Retno.

Baca Juga: Menlu Retno-Menlu Malaysia Diskusikan Soal Batas Darat

3. Jumlah korban tewas mencapai hampir 38 ribu orang

Indonesia-Malaysia Kompak Bakal Tegas soal PalestinaKerusakan besar terlihat di distrik populer Al-Rimal di Gaza. (972mag.com)

Korban tewas di Jalur Gaza terus bertambah. Menurut data Kementerian Kesehatan Gaza per Selasa 2 Juli 2024 kemarin, jumlah korban tewas mencapai 37.900 orang akibat serangan dari Israel setiap hari. Selain itu, 87.060 orang juga dilaporkan terluka sejak 7 Oktober 2023 lalu.

“Serangan terbaru dari Israel menewaskan 23 orang dan melukai 91 orang dalam 24 jam terakhir,” sebut Kemenkes Gaza.

Baca Juga: Konflik Myanmar Memburuk, RI-Malaysia Sepakat Ambil Tindakan

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya