Indonesia Desak Semua Pihak Segera Sepakati Gencatan Senjata Gaza

Indonesia tanggapi adopsi resolusi DK PBB soal Gaza

Jakarta, IDN Times - Indonesia menyambut baik diadopsinya resolusi gencatan senjata di Jalur Gaza oleh Dewan Keamanan PBB pada Senin, 10 Juni 2024.

“Indonesia mendesak semua pihak untuk mencapai kesepakatan sesegera mungkin demi memastikan gencatan senjata yang langgeng, bantuan segera bagi rakyat Palestina dan membuka jalan menuju implementasi solusi dua negara,” sebut pernyataan Kementerian Luar Negeri RI, Selasa (11/6/2024).

“Adopsi Resolusi DKPBB 2735 (2024) terkait proposal tiga-fase gencatan senjata merupakan langkah yang sudah lama tertunda, namun penting untuk menghentikan kekejaman terhadap rakyat Palestina dan wujudkan gencatan senjata segera serta permanen di Gaza,” lanjut pernyataan itu.

1. DK PBB setujui resolusi, Rusia abstain

Dewan Keamanan PBB akhirnya mengadopsi sebuah resolusi yang mendukung proposal gencatan senjata yang diusulkan Amerika Serikat (AS). Proposal ini bertujuan menghentikan serangan Israel ke Gaza selama delapan bulan terakhir.

Pemungutan suara ini dilakukan pada Senin kemarin di mana 14 negara menyatakan setuju, tetapi Rusia abstain.

Dilansir Al Jazeera, lewat resolusi ini, DK PBB meminta agar Israel dan Hamas sepenuhnya menyetujui proposal gencatan senjata tersebut tanpa penundaan dan tanpa syarat.

Setelah pemungutan suara, Hamas juga menyatakan pihaknya siap bekerja sama dengan mediator dan melakukan negosiasi tidak langsung mengenapi penerapan prinsip-prinsip perjanjian tersebut.

Baca Juga: Prabowo Temui Raja Abdullah II Sebelum Ikuti KTT Tanggap Darurat Gaza

2. Tiga tahap gencatan senjata usulan AS

Indonesia Desak Semua Pihak Segera Sepakati Gencatan Senjata Gazailustrasi dampak serangan Israel di Gaza (Twitter.com/UNRWA)

Usulan ini dikeluarkan Presiden AS Joe Biden beberapa waktu lalu dan diajukan ke Israel serta Hamas. Proposal gencatan senjata ini mencakup tiga tahap.

Adapun tiga tahap ini adalah gencatan senjata enam pekan, lalu dilanjutkan gencatan senjata permanen dan pembebasan sisa sandera, serta tahap terakhir adalah upaya rekonstruksi Jalur Gaza yang sudah hancur total.

AS mengklaim bahwa Israel telah menerima usulan tersebut, meskipun ada pertentangan di tubuh pemerintahan Israel sendiri di mana beberapa pejabat Israel disebut tidak setuju dengan proposal AS ini.

3. Israel bunuh 55 warga Palestina untuk bebaskan empat sandera

Indonesia Desak Semua Pihak Segera Sepakati Gencatan Senjata GazaPotret tentara Israel. (Twitter.com/Israel Defense Forces)

Empat warga Israel yang ditawan Hamas dinyatakan bebas pada Sabtu, 8 Juni 2024. Militer Israel mengidentifikasi empat orang tersebut sebagai Noa Argamani, Almog Meir Jan, Andrey Kozlov dan Shlomi Ziv.

Mereka ditawan sejak serangan pada 7 Oktober 2023 lalu dalam sebuah festival musik. Keempatnya diselamatkan militer Israel dalam kondisi sehat.

Mereka diselamatkan di dua lokasi terpisah di pusat Kota Nuseirat, Gaza. Penyelamatan mereka sempat diwarnai saling serang antara kedua pihak. Puluhan warga Gaza tewas akibat serangan. Komandan militer Israel, Arnon Zamora, juga tewas dalam misi tersebut.

Baca Juga: Menteri Kabinet Perang Israel Mundur, Netanyahu Mulai Tertekan?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya