Imam Besar Masjid Istiqlal Kecam Pembunuhan Ismail Haniyeh

Salat gaib digelar hari ini di Masjid Istiqlal

Intinya Sih...

  • Imam Besar Masjid Istiqlal mengutuk keras pembunuhan Ismail Haniyeh, pemimpin politik Hamas, oleh Zionis Israel di Teheran, Iran.
  • Masjid Istiqlal menggelar salat gaib untuk Haniyeh dan pejuang Palestina lainnya setelah salat Jumat, dihadiri oleh Duta Besar Palestina untuk Indonesia.
  • Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) menyerukan agar umat Islam Indonesia melakukan salat gaib untuk Haniyeh yang akan dimakamkan di Doha, Qatar.

Jakarta, IDN Times - Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengecam pembunuhan yang menewaskan pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh, di Teheran, Iran.

Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, kita semua berduka dan saya secara pribadi, Nasaruddin Umar, Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta mengucapkan sungguh sangat berbelasungkawa atas musibah atau upaya yang telah dilakukan oleh Zionis Israel yang menyebabkan kematian Almarhum Al-Maghfurlah Bapak Ismail Abdul Salam Haniyeh yang kita kenal sebagai mantan Perdana Menteri Palestina yang wafat tanggal 31 Juli,” kata Nasaruddin dalam keterangannya, Jumat (2/8/2024).

“Kami mengutuk keras serangan Zionis Israel menewaskan Haniyeh dan pejuang Palestina lainnya. Masjid Istiqlal konsisten menyuarakan kemerdekaan rakyat Palestina,” tegas dia.

Baca Juga: Fakta Baru Ismail Haniyeh Tewas: Karena Bom Tanam bukan Serangan Udara

1. Salat gaib untuk Haniyeh hari ini

Imam Besar Masjid Istiqlal Kecam Pembunuhan Ismail HaniyehIsmail Haniyeh (Website/council.gov.ru/Dewan Federasi Majelis Federal Federasi Rusia)

Masjid Istiqlal menggelar salat gaib buat Ismail Haniyeh pada Jumat (2/8/2024). Salat gaib digelar usai ibadah salat Jumat.

Salat gaib itu juga dihadiri Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun.

Baca Juga: Jusuf Kalla Hadiri Pemakaman Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh

2. Jusuf Kalla juga serukan salat gaib digelar untuk Haniyeh

Imam Besar Masjid Istiqlal Kecam Pembunuhan Ismail HaniyehWakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla bertemu dengan pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh di Doha, Qatar. (dok. tim media JK)

Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) menyerukan kepada seluruh jajaran Pimpinan DMI wilayah, daerah, cabang, dan ranting, takmir masjid, serta umat Islam Indonesia agar melakukan salat gaib untuk Pimpinan Hamas Ismail Haniyeh.
 
"Shalat Gaib berjemaah untuk asy-syahid Ismail Haniyeh dan para syuhada Palestina yang dilaksanakan di dalam rangkaian pelaksanaan ibadah Shalat Jumat," kata Ketua Umum DMI Jusuf Kalla melalui keterangan di Jakarta.

Baca Juga: Jasad Ismail Haniyeh Dimakamkan di Qatar Hari ini

3. Haniyeh dikubur hari ini di Qatar

Imam Besar Masjid Istiqlal Kecam Pembunuhan Ismail HaniyehGrafis kronologi tewasnya pemimpin Hamas Ismail Haniyeh. (IDN Times/Aditya Pratama)

Haniyeh bakal dimakamkan di Doha, Qatar, hari ini. Jasad Haniyeh dilaporkan sudah tiba di Doha sejak Kamis.

Haniyeh tewas dalam serangan di Teheran, Iran, pada 31 Juli 2024, saat berada di tempat tinggalnya usai menghadiri pelantikan Presiden Iran Masoud Pezeshkian, Selasa kemarin.

Upacara pemakaman sudah terlebih dahulu digelar di Teheran sejak kemarin. Iran juga menetapkan tiga hari masa berkabung atas kematian Haniyeh.

Sampai saat ini, Israel masih bungkam terkait tewasnya Haniyeh. Perdana Menteri Israel Netanyahu tidak membenarkan tuduhan dari Iran dan Hamas yang menduga pelakunya adalah Israel, pun tidak menampiknya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya