Hamas Tuding Israel Dalang Tewasnya Ismail Haniyeh di Iran

Serangan udara sasar tempat tinggal Haniyeh di Teheran

Jakarta, IDN Times - Kelompok perjuangan Palestina, Hamas, menuding Israel sebagai dalang pembunuhan yang menewaskan pemimpin politik mereka, Ismail Haniyeh di Teheran, Iran, hari ini.

“Saudara pemimpin, mujahid Ismail Haniyeh tewas dalam serangan udara Zionis di Teheran setelah menghadiri pelantikan presiden Iran yang baru,” sebut pernyataan dari Hamas, dikutip Al Jazeera, Rabu (31/7/2024).

1. Serangan udara tewaskan Haniyeh

Hamas Tuding Israel Dalang Tewasnya Ismail Haniyeh di IranIsmail Haniyeh (Website/council.gov.ru/Dewan Federasi Majelis Federal Federasi Rusia)

Media Iran melaporkan bahwa Haniyeh tewas akibat serangan udara yang menghantam tempatnya menginap di utara ibu kota Teheran.

Menurut laporan, serangan itu terjadi sekitar pukul 02.00 dini hari waktu setempat, di mana Haniyeh tinggal sementara di kediaman khusus veteran militer di Teheran.

Baca Juga: Profil Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh yang Dibunuh di Iran

2. Penyelidikan masih berlangsung

Hamas Tuding Israel Dalang Tewasnya Ismail Haniyeh di IranGrafis kronologi tewasnya pemimpin Hamas Ismail Haniyeh. (IDN Times/Aditya Pratama)

Korps Garda Revolusi Iran menegaskan, sampai saat ini investigasi masih berlangsung terkait kematian Haniyeh.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kan’ani juga mengatakan bahwa penyelidikan akan dilakukan lembaga terkait di Iran.

3. Sempat bertemu dengan Presiden Iran

Kunjungan Haniyeh ke Iran dalam rangka menghadiri pelantikan Presiden Iran yang baru, Masoud Pezeshkian.

Sebelumnya, Haniyeh juga sempat bertemu dengan Pezeshkian pada Selasa kemarin, di mana ia menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan penuh Iran terhadap Hamas.

Pezeshkian juga mengucapkan rasa senangnya karena bisa menerima delegasi Hamas dan menghadiri pelantikannya yang digelar kemarin di Teheran.

Baca Juga: Pernyataan Hamas soal Tewasnya Ismail Haniyeh di Iran

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya