Gedung Putih: Negosiasi Gencatan Senjata Gaza Ada Kemajuan

Hamas diminta bekerja sama soal kesepakatan

Jakarta, IDN Times - Gedung Putih menyatakan ada kemajuan dalam negosiasi gencatan senjata Gaza yang saat ini sedang diupayakan.

Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby mengatakan pejabat AS melakukan "diskusi konstruktif" di Kairo dengan pembicaraan yang berlanjut di sana pada hari berikutnya.

"Proses negosiasi sebenarnya bergerak maju. Pembicaraan berjalan sesuai agenda yang telah kami jelaskan sebelumnya dalam hal putaran pembicaraan berikutnya," kata Kirby, dikutip dari ANTARA, Sabtu (24/8/2024).

"Sekarang, yang penting adalah semua pihak terlibat dalam pembicaraan itu, dan bahwa pihak-pihak tersebut terus bekerja agar pelaksanaan gencatan senjata dapat dilaksanakan," ucap dia.

1. Membantah ada kebuntuan saat negosiasi

Gedung Putih: Negosiasi Gencatan Senjata Gaza Ada Kemajuanilustrasi anak di Gaza (pixabay.com/hosnysalah)

Kirby membantah laporan bahwa pembicaraan tersebut hampir menemui jalan buntu, dengan mengatakan bahwa laporan tersebut "tidak akurat."

"Tanda-tanda awal di Kairo, dan ini adalah tanda-tanda awal, adalah bahwa diskusi telah konstruktif, tetapi masih ada pembicaraan lebih lanjut yang akan berlangsung sepanjang akhir pekan," ungkap dia.

Baca Juga: Biden Lobi Netanyahu untuk Segera Akhiri Perang Israel di Gaza

2. Oposisi Israel minta Netanyahu setujui negosiasi

Gedung Putih: Negosiasi Gencatan Senjata Gaza Ada KemajuanPerdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. (dok. X @IsraeliPM)

Pemimpin oposisi Israel Yair Lapid pada Selasa (20/8) menyerukan agar diakhirinya langkah dalam apa yang disebutnya sebagai upaya kepala otoritas pemerintahan Benjamin Netanyahu untuk "menyabotase" pembicaraan, serta mendesak Netanyahu untuk mencapai kesepakatan "saat ini juga".

Ia mendesak Netanyahu untuk hadir secara langsung dalam pembicaraan di Kairo, dengan mengatakan “satu-satunya alasan dia tidak melakukannya adalah karena dia sudah tidak punya nurani lagi”.

3. Hamas diminta bekerja sama untuk kesepakatan

Gedung Putih: Negosiasi Gencatan Senjata Gaza Ada KemajuanIlustrasi pesan perdamaian (pixabay.com/hosnysalah)

Selain itu, Kirby juga meminta agar Hamas bisa bekerja sama dengan baik untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata.

Kami membutuhkan Hamas untuk berpartisipasi, dan kami perlu fokus pada detail penting untuk menyelesaikan ini. Itulah yang kami fokuskan di sini dalam beberapa hari mendatang sepanjang akhir pekan," tambahnya.

Baca Juga: Hamas-Jihad Islam Ajukan Syarat Kesepakatan dengan Israel

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya