Ganjar Bicara soal Politik Luar Negeri: Diplomat Kekuatan Penting

Ganjar menyebut Kemlu RI adalah garda terdepan

Jakarta, IDN Times - Calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo, memaparkan arah dan strategi politik luar negerinya jika ia terpilih menjadi Presiden RI 2024-2029.

Secara umum, Ganjar menyebut, Kementerian Luar Negeri sebagai garda terdepan dalam hubungan luar negeri Indonesia dengan negara-negara di dunia. Bahkan, ia sempat memuji kepiawaian diplomat Indonesia.

“Diplomat-diplomat kita ini menjadi kekuatan yang sangat penting. Kita akan minta para diplomat kita untuk sering bicara, bagaimana kepentingan bilateral dan multilateral kita bisa diselesaikan untuk kepentingan bersama, untuk sama-sama saling menguntungkan (dengan negara lain),” kata Ganjar, saat berpidato di CSIS Indonesia, Selasa (7/11/2023).

Baca Juga: Ganjar Sebut Indonesia Punya Potensi Jadi Lumbung Pangan Dunia

1. Tekankan Indonesia tetap berporos politik bebas aktif

Ganjar Bicara soal Politik Luar Negeri: Diplomat Kekuatan PentingCapres dari PDIP, Ganjar Pranowo (kiri) di acara CSIS. (dok. Youtube CSIS Indonesia)

Selain itu, Ganjar tetap menekankan Indonesia tetap berpijak pada politik luar negeri bebas aktif.

“Kebijakan bebas aktif, kita bukan bebas yang free, tapi bebas membuat kebijakan yang strategis, yang kita tentukan sendiri, aktif tidak pasif tapi ambil inisiatif-inisiatif penting,” ucap Ganjar.

“Polugri tentu menjadi instrumen untuk mencapai agenda nasional dengan memerhatikan kewajiban-kewajiban kita di dunia internasional,” tutur dia.

2. Ganjar-Mahfud maju dengan visi misi Menuju Indonesia Unggul

Ganjar Bicara soal Politik Luar Negeri: Diplomat Kekuatan PentingGanjar Pranowo dan Mahfud MD usai mendaftar sebagai capres-cawapres Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat pada Kamis (19/10/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Ganjar resmi berpasangan dengan Mahfud MD, yang diumumkan ke publik pada 18 Oktober 2023.

Usai diumumkan ke publik oleh koalisi PDIP, mereka langsung tancap gas. Ganjar-Mahfud juga mendaftar ke KPU pada 19 Oktober 2023. Mereka kemudian merilis dokumen visi-misi setebal 33 halaman. Pasangan ini mengambil visi misi dengan judul "Menuju Indonesia Unggul". 

Ganjar-Mahfud diusung dua partai politik yang berada di parlemen yakni PDIP (128 kursi) dan Partai Persatuan Pembangunan (19 kursi). Total ada 147 kursi di parlemen yang dimiliki koalisi PDIP. Selain itu, ada pula dua parpol non-parlemen yang ikut mendukung yakni Perindo dan Hanura. 

Baca Juga: Ganjar Sebut Generasi Muda Ingin Jadi Presiden, Tapi Ogah Masuk Parpol

3. Profil singkat Ganjar Pranowo

Ganjar Bicara soal Politik Luar Negeri: Diplomat Kekuatan PentingGanjar Pranowo (IDN Times/ M. Ilman Nafi'an)

Berikut biografi singkat Ganjar Pranowo:

Lahir: Karanganyar, 28 Oktober 1968
Usia: 55 tahun
Pendidikan:
* Sarjana dari Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (lulus tahun 1995)
* Master dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (2009-2013)
Jabatan publik:
* Anggota DPR (2004-2013)
* Gubernur Jawa Tengah (2013-2023)
Harta kekayaan: Rp13,4 miliar (Pelaporan Desember 2022).

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/3CczEaBxCek

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya