Fakta-fakta Jelang Debat Perdana Joe Biden-Donald Trump 

Debat perdana digelar hari ini pukul 21.00 waktu setempat

Jakarta, IDN Times - Presiden petahana Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan kandidat calon presiden AS Donald Trump akan berpartisipasi dalam debat perdana pemilihan presiden pada hari ini, pukul 21.00 waktu setempat atau sekitar pukul 08.00 WIB, Jumat (28/6/2024). 

Debat ini akan disiarkan langsung oleh stasiun televisi CNN. Selain itu, debat perdana ini juga bakal disiarkan di CBS dan CBS News 24/7. Pemilihan presiden AS sendiri bakal digelar pada November 2024 mendatang.

Debat akan dipandu oleh penyiar berita CNN, Jake Tapper dan Dana Bash.

Dilansir dari CBS, Kamis (27/6/2024), debat ini hanya akan menampilkan dua capres, masing-masing dari Partai Demokrat yakni Biden, dan dari Partai Republik yaitu Trump. Sementara semua kandidat non-partai besar di AS gagal lolos ke tahap debat hingga batas waktu yang ditentukan yakni 20 Juni 2024 lalu.

Syaratnya adalah kandidat harus mendapatkan setidaknya 15 persen dukungan dalam empat jajak pendapat nasional yang disetujui dan mengikuti pemungutan suara negara bagian, dan harus meraup minimal 270 suara elektoral.

1. Keduanya hadir langsung di studio CNN

Sementara itu, debat akan digelar di studio CNN di Atlanta dan kedua capres menyanggupi untuk hadir langsung.

CNN juga menyatakan tidak akan ada penonton di studio untuk memastikan bahwa para kandidat capres bisa memaksimalkan waktu yang diberikan selama debat.

Peraturan baru dalam debat tahun ini adalah mikrofon milik Biden maupun Trump nantinya akan dimatikan ketika bukan giliran mereka berbicara. Alat peraga dan catatan apa pun juga tidak diperbolehkan di podium tempat mereka berdiri. Kandidat capres hanya akan diberikan pena, kertas dan sebotol air.

Debat akan digelar di Atlanta, Georgia dan berlangsung selama 90 menit dengan dua kali jeda iklan. Ketika jeda ini, tim kampanye juga tidak diperbolehkan untuk berinteraksi dengan para kandidat.

Baca Juga: Joe Biden Linglung Saat Hadir di KTT G7 Italia

2. Dugaan isu yang akan diangkat Biden-Trump

Sejumlah spekulasi topik apa yang akan diangkat Biden dan Trump juga mulai bermunculan. Dari isu keamanan perbatasan dan imigrasi, ekonomi sampai hak aborsi di AS.

Biden juga diduga bakal mengangkat kasus yang menjerat Trump yakni penyalahgunaan kekuasaan dan penyuapan kepada bintang film porno, Stormy Daniels dalam pemilu 2016 lalu.

Namun Trump juga diduga akan menyinggung soal kasus krimimal yang menimpa putra Biden, Hunter Biden, yaitu pembelian dan kepemilikan senjata saat kecanduan narkoba.

3. Debat kedua akan digelar 10 September

Fakta-fakta Jelang Debat Perdana Joe Biden-Donald Trump Joe Biden dan Donald Trump (IDN Times/Aditya Pratama)

Debat kedua antara Biden dan Trump bakal digelar pada 10 September 2024 oleh stasiun televisi ABC News.

Untuk debat wakil presiden, masih belum ada jadwal pasti yang diumumkan. Namun sejumlah tanggal telah disebutkan yakni 23 Juli 2024 atau 13 Agustus 2024.

Untuk calon wapres Biden, nama Kamala Harris masih menjadi satu-satunya kandidat. Sementara Trump belum mengumumkan siapa kandidat calon wapresnya.

Baca Juga: Eks Penasihat Trump Desak AS Lanjutkan Uji Coba Nuklir

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya