Dua WNI yang Hilang Akibat Gempa Turki Ditemukan Tewas

Total ada 4 WNI yang tewas

Jakarta, IDN Times - Dua Warga Negara Indonesia (WNI) yang sempat dinyatakan hilang kontak pascagempa Turki, ditemukan dalam kondisi tewas tertimpa reruntuhan bangunan apartemen tempat tinggalnya di Diyarbakir, Turki.

Dua WNI tersebut bernama Irma Lestari asal Lombok dan Ni Wayan Supini asal Bali. Jasad keduanya ditemukan di reruntuhan Apartemen Galeria, Diyarbakir, pada Jumat (18/2/2023) kemarin.

Jumlah WNI yang tewas akibat gempa yang mengguncang Turki pun menjadi empat orang.

Baca Juga: PKB Kirim Bantuan untuk Gempa Turki, Pasang Foto Cak Imin di Kardus

1. Jasad keduanya akan dipulangkan ke Jakarta

Dua WNI yang Hilang Akibat Gempa Turki Ditemukan TewasDuta Besar RI untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal. (IDN Times/Sonya Michaella)

Duta Besar RI untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal, telah menyampaikan langsung kabar duka tersebut kepada keluarga korban di Indonesia.

"Kita semua sangat berduka cita. Insyaallah dengan telah terkonfirmasinya jenazah kedua saudara kita, KBRI Ankara dan Kementerian Luar Negeri RI akan segera mengupayakan pemulangan jenazah ke kampung halaman masing-masing," kata Iqbal dalam keterangannya, Sabtu (18/2/2023).

Saat ini tim KBRI sedang melakukan pemulasaraan dan membawa jenazah dari Diyarbakir ke Adana untuk proses pemulangan ke Tanah Air. Jenazah akan diberangkatkan dari Adana ke Jakarta tangal 22 Februari 2023.

Baca Juga: KBRI Cari Dua WNI Hilang di Lokasi Gempa Turki

2. Pencarian keduanya dilakukan secara intensif di Diyarbakir

Dua WNI yang Hilang Akibat Gempa Turki Ditemukan TewasTim PWNI Kemlu dan KBRI Ankara beserta Basarnas mencari 2 WNI yang masih hilang di Turki. (dok. KBRI Ankara)

Sebelumnya, pada tanggal 16 Februari 2023, Tim gabungan KBRI Ankara-INASAR (BASARNAS) yang dipimpin langsung oleh Direktur Perlindungan WNI Kemlu RI, Judha Nugraha, telah berangkat menuju Diyarbakir untuk melakukan pencarian kedua WNI tersebut.

Tim berkoordinasi dengan AFAD (Badan Penanggulangan Bencana Turki) untuk proses pencarian di apartemen Galeria Residence, tempat kedua WNI tersebut menetap.

Setelah dua jenazah ditemukan, proses identifikasi dilakukan dengan dukungan Tim DVI Polri yang saat ini sedang berada di Hatay. Dari hasil identifikasi tersebut, kedua jenazah yang ditemukan dapat dikonfirmasi identitasnya.

Baca Juga: Cerita Tim Dokter Unhas Datang ke Turki Bantu Korban Gempa

3. Apartemen tempat tinggal keduanya sudah hancur total

Dua WNI yang Hilang Akibat Gempa Turki Ditemukan TewasGempa 7,8 M mengguncang Turki, Senin (6/2/2023). (dok.Official Twitter Account of the Republic of Türkiye Ministry of National Defence)

Almarhumah Irma Lestari dan Ni Wayan Supini merupakan pekerja migran Indonesia yang bekerja sebagai spa therapis professional di Dyarbakir.

Apartemen tempat mereka tinggal hancur total akibat gempa. Total terdapat 89 korban meninggal di apartemen tersebut.

Menurut data KBRI, setidaknya 500 WNI tinggal di sekitar lokasi gempa bumi. Sementara itu, 128 orang sudah berhasil dievakuasi oleh Tim KBRI Ankara.

Sisanya dalam keadaan selamat, namun sudah mendapatkan tempat penampungan yang aman di sekitar wilayah gempa.

Baca Juga: Bantu Turki Pasca Gempa, Ini Rupa RS Lapangan Indonesia 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya