Drone Turki Deteksi Lokasi Jatuhnya Helikopter Presiden Iran

Tim penyelamat bergegas ke lokasi

Intinya Sih...

  • Drone Turki, Akinci, mendeteksi lokasi jatuhnya helikopter Presiden Iran Raisi dan Menteri Luar Negeri Amirabdollahian.
  • Lokasi jatuhnya helikopter berjarak sekitar 100 km dari Kota Tabriz, dekat desa Tavil.
  • Tim penyelamat bergegas ke wilayah tersebut untuk mencari keberadaan Raisi, Amirabdollahian, dan rombongan lainnya di dalam helikopter.

Jakarta, IDN Times - Drone Turki, Akinci, yang terbang di atas wilayah barat laut Iran dilaporkan telah berhasil mendeteksi lokasi jatuhnya helikopter yang mengangkut Presiden Iran Ebrahim Raisi dan rombongannya, termasuk Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian.

“Drone Akinci yang dikerahkan ke Iran, telah mendeteksi adanya ‘sumber panas’ yang diduga berasal dari puing-puing helikopter yang membawa Presiden Raisi,” lapor media Turki, Anadolu, Senin (20/5/2024).

Baca Juga: Ayatollah Khamenei Harap Presiden Iran Segera Ditemukan 

1. Tim penyelamat sedang berusaha ke lokasi

Sementara itu, laporan juga menunjukkan bahwa lokasi jatuhnya helikopter ini berjarak sekitar 100 kilometer dari Kota Tabriz, dekat sebuah desa bernama Tavil.

Tim penyelamat saat ini sedang berusaha mencapai wilayah tersebut untuk mencari keberadaan Raisi, Amirabdollahian serta rombongan lainnya yang ada di dalam helikopter tersebut.

2. Dua helikopter lainnya sempat hilang kontak dengan helikopter Raisi

Sebelumnya, tiga helikopter yang terbang di rute yang sama sempat kehilangan kontak dengan helikopter yang mengangkut Raisi. Helikopter lainnya ini juga telah kembali ke Iran dengan selamat.

Menteri Energi Itan Ali Akbar Mehrabian dan Menteri Perumahan dan Transportasi Iran Mehrdad Bazrpash berada di helikopter lain dipastikan sudah berada di Iran.

Baca Juga: Turki Kirim Drone dan Tim Pendaki Cari Helikopter Presiden Iran

3. Tim penyelamat terhalang cuaca buruk

Menteri Dalam Negeri Amir Vahidi mengatakan kepada televisi pemerintah bahwa berbagai tim penyelamat sedang berusaha mencapai lokasi kejadian, namun mungkin memerlukan waktu karena kabut dan kondisi cuaca buruk.

Dia membenarkan bahwa kontak radio telah dilakukan dengan helikopter tersebut, namun tidak memberikan rincian lebih lanjut, dan menyatakan jalur komunikasi telah diputus.

Situs berita pemerintah IRNA mengatakan helikopter presiden diyakini jatuh di kawasan lindung Dizmar, kawasan hutan dan pegunungan.

Baca Juga: Helikopter Kecelakaan, Nasib Presiden Iran Belum Diketahui

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya