Drone Hizbullah Menyusup ke Rumah Benjamin Netanyahu

Rumah pribadi Netanyahu terletak di Kaisarea

Intinya Sih...

  • Drone Hizbullah merekam rumah Netanyahu di Kaisarea, Israel utara
  • Jet tempur Israel dikirim setelah deteksi, namun tak menemukan drone
  • Hizbullah juga merekam pangkalan militer Israel dan merilis video fasilitas rudal besar

Jakarta, IDN Times - Sebuah pesawat nirawak atau drone milik Hizbullah Lebanon dilaporkan berhasil menyusup masuk ke Israel utara dan merekam rumah Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, di Kaisarea. Pesawat nirawak ini terdeteksi oleh radar kapal rudal Angkatan Laut Israel yang tengah ditempatkan di lepas pantai Kaisarea.

Dilansir dari Anadolu, Selasa (20/8/2024), Netanyahu dan keluarganya biasa menghabiskan akhir pekan di rumah yang terletak di 37 km selatan Haifa, Pantai Mediterania.

1. Sempat ada peringatan

Mendapati temuan ini, sempat ada peringatan dari AL Israel. Jet tempur bahkan langsung dikirim ke wilayah tersebut, tapi tak ada drone yang ditemukan.

Militer Israel menduga alarm yang berbunyi tersebut adalah palsu. Sebab, terkadang militer Israel juga menerima laporan palsu karena kawanan burung terbang di atas rumah Netanyahu.

Baca Juga: Netanyahu Peringatkan Iran Soal Ancaman Penyerangan ke Israel 

2. Berhasil rekam rumah pribadi Netanyahu

Sementara itu, drone dari Hizbullah disebut berhasil merekam rumah pribadi Netanyahu. Hal ini tentu membuat panik jajaran pejabat Israel.

Sebelumnya, Hizbullah juga sempat mengirimkan drone dan merekam pangkalan militer Israel di utara.

3. Hizbullah pamer terowongan bawah tanah

Pada pekan lalu, Hizbullah juga meluncurkan Imad 4 yang merupakan sebuah kompleks rudal besar dengan terowongan bawah tanah dan peluncur roket besar, yang tidak terdeteksi kemampuan pengintaian Israel. Sayap media Hizbullah merilis video pendek berdurasi lebih dari empat menit yang memamerkan fasilitas Imad 4.

Cuplikan video itu menyoroti skala instalasi bawah tanah, mencakup peluncur roket besar dan peralatan militer yang ditempatkan di terowongan luas. Video tersebut juga memperlihatkan anggota Hizbullah mengendarai sepeda motor melalui terowongan.

Baca Juga: Hizbullah Pamer Terowongan Rudal Bawah Tanah  

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya