Diancam Serangan, Israel Minta NATO Copot Keanggotaan Turki

Turki ancam bakal kirim pasukan untuk bela Palestina

Jakarta, IDN Times - Hubungan Turki dan Israel kembali memanas setelah Presiden Recep Tayyip Erdogan mengancam akan mengirim pasukannya memasuki Israel untuk membela Palestina.

Menanggapi pernyataan Erdogan, Kementerian Luar Negeri Israel langsung mendesak NATO untuk mencabut keanggotaan Turki.

“Mengingat ancaman Presiden Turki Erdogan untuk menyerang Israel dan retorikanya yang berbahaya, Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz menginstruksikan para diplomat untuk segera berkomunikasi dengan negara anggota NATO untuk mengeluarkan kecaman terhadap Turki dan meminta agar dicabut keanggotaan Turki dari NATO,” sebut pernyataan Kemlu Israel, dikutip dari Times of Israel, Rabu (31/7/2024).

1. Israel sebut Turki seperti teroris

Selain itu, Katz juga menyebut bahwa Erdogan kini sudah mengikuti jejak Saddam Hussein dengan mengancam akan menyerang Israel.

“Turki yang menyokong Hamas, Hizbullah, Houthi di Yaman tidak ada bedanya dengan mereka,” ucap Katz.

Baca Juga: Prabowo Diundang Presiden Erdogan ke Turki Usai Dilantik 20 Oktober

2. Erdogan ancam kirim pasukan ke Israel

Diancam Serangan, Israel Minta NATO Copot Keanggotaan TurkiPresiden terpilih Prabowo Subianto ketika bertemu dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan di Ankara. (Dokumentasi Biro Humas Kemhan)

Erdogan mengancam Israel bahwa pasukan Turki bisa saja masuk ke Israel untuk membantu perjuangan Palestina, seperti yang Ankara pernah lakukan di Libya dan Nagorno-Karabakh.

Erdogan tak menjelaskan lebih lanjut apa masuk dari pengiriman pasukan ini. Namun ia menegaskan dukungan kuat Turki untuk Palestina dalam melawan genosida Israel.

“Kita harus kuat agar Israel tidak bisa lakukan hal-hal konyol ke Palestina. Sama seperti saat kita masuk ke Karabakh, Libya, kita bisa saja melakukan hal yang sama ke mereka (Israel),” kata Erdogan dalam pidatonya di pertemuan Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP).

3. Erdogan rinci kekuatan militer negaranya

Diancam Serangan, Israel Minta NATO Copot Keanggotaan TurkiPresiden Turki Recep Tayyip Erdoğan (Antara)

Selain itu, Erdogan juga menyebutkan betapa kuatnya militer Turki dan ia meyakini pasukannya bisa merangsek masuk ke Israel.

“Tak ada alasan kenapa kita tidak bisa melakukannya. Kita harus kuat sehingga kita bisa ambil langkah ini,” ucap dia.

Baca Juga: Turki Marah Menlu Israel Ejek Erdogan di X

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya