Di Debat Capres AS, Trump Sebut Pemerintahan Biden Buruk 

Trump klaim pemerintahannya tuai banyak pujian

Intinya Sih...

  • Donald Trump menuding pemerintahan Joe Biden buruk dan menyebabkan banyak perang.
  • Trump mengklaim saat memerintah AS tidak ada perang, ekonomi membaik, dan mendapat banyak pujian.

Jakarta, IDN Times - Calon presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menuding pemerintahan petahana Presiden Joe Biden sangat buruk. Apalagi ditambah banyaknya perang yang pecah semasa Biden menjabat.

“Kebijakan dia sangat buruk. Kebijakan militernya buruk. Kita mendekat ke Perang Dunia 3 karena pemerintahannya. Lihat Kim Jong Un, Xi Jinping, mereka tidak respek terhadapnya,” kata Trump, dalam debat perdana pilpres AS, di Studio CNN, AS, Jumat (28/6/2024).

Baca Juga: Debat Pilpres AS Dimulai, Biden-Trump Tak Jabat Tangan

1. Trump klaim pemerintahannya terbaik

Di Debat Capres AS, Trump Sebut Pemerintahan Biden Buruk Donald Trump. (truthsocial.com/@realDonaldTrump)

Sebaliknya, Trump mengklaim bahwa kala ia memerintah AS pada 2017 hingga 2021, tidak ada perang yang pecah di masa itu, pun ekonomi AS juga membaik.

“Saat saya memerintah, AS mendapat banyak pujuan, tidak ada perang yang pecah. Ekonomi kita dipuji. Militer kita dipuji. Semua berjalan dengan baik,” ucap Trump.

Baca Juga: Trump Kritik Keputusan Biden Tarik Pasukan AS dari Afghanistan 

2. Bertemu di debat tanpa jabat tangan

Di Debat Capres AS, Trump Sebut Pemerintahan Biden Buruk Debat perdana pilpres AS 2024 antara Joe Biden dan Donald Trump. (dok. Youtube CNN)

Hal yang menarik adalah ketika Biden dan Trump memasuki ruangan debat di Studio CNN di Atlanta, keduanya kompak tak berjabat tangan. Bahkan tak melempar senyum satu sama lain.

Biden dan Trump terakhir bertemu dalam debat pilpres AS 2020 di mana mereka juga tak berjabat tangan lantaran saat itu dunia dilanda pandemik COVID-19.

“Dia (Biden) tidak perlu melakukannya (jabat tangan dengan Trump). Di 2020 ia tak melakukannya, mengapa harus mengubahnya sekarang?” ujar salah satu staf Biden.

3. Debat perdana Biden vs Trump

Di Debat Capres AS, Trump Sebut Pemerintahan Biden Buruk Debat perdana pilpres AS antara Joe Biden dan Donald Trump. (dok. Youtube CNN)

Debat ini disiarkan langsung oleh stasiun televisi CNN. Selain itu, debat perdana ini juga disiarkan di CBS dan CBS News 24/7. Pemilihan presiden AS sendiri bakal digelar pada November 2024 mendatang.

Debat perdana Biden dan Trump ini dipandu oleh penyiar berita CNN, Jake Tapper dan Dana Bash.

Debat ini hanya akan menampilkan dua capres, masing-masing dari Partai Demokrat yakni Biden, dan dari Partai Republik yaitu Trump. Sementara semua kandidat non-partai besar di AS gagal lolos ke tahap debat hingga batas waktu yang ditentukan yakni 20 Juni 2024 lalu.

Syaratnya adalah kandidat harus mendapatkan setidaknya 15 persen dukungan dalam empat jajak pendapat nasional yang disetujui dan mengikuti pemungutan suara negara bagian, dan harus meraup minimal 270 suara elektoral.

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya