Debat Pilpres AS Dimulai, Biden-Trump Tak Jabat Tangan

Debat digelar tanpa penonton

Intinya Sih...

  • Debat pemilihan presiden AS 2024 antara Joe Biden dan Donald Trump digelar tanpa penonton di studio CNN, Atlanta.
  • Debat disiarkan langsung oleh CNN, CBS, dan CBS News 24/7, dipandu oleh Jake Tapper dan Dana Bash.

Jakarta, IDN Times - Presiden petahana Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan mantan Presiden Donald Trump mulai memasuki ruang debat pemilihan presiden AS 2024 di studio CNN, di Atlanta, AS.

Kedua kandidat kompak tak saling berjabat tangan. Begitu memasuki ruangan, keduanya langsung berdiri di podium masing-masing, bahkan tanpa melemparkan senyum satu sama lain.

Biden dan Trump terakhir bertemu dalam debat pilpres AS 2020, di mana mereka juga tak berjabat tangan lantaran saat itu dunia dilanda pandemik COVID-19.

“Dia (Biden) tidak perlu melakukannya (jabat tangan dengan Trump). Di 2020, ia tak melakukannya, mengapa harus mengubahnya sekarang?” ujar salah satu staf Biden.

Baca Juga: Apa Topik Debat Perdana Biden-Trump Hari Ini?

1. Debat perdana Biden vs Trump

Debat ini akan disiarkan langsung oleh stasiun televisi CNN. Selain itu, debat perdana ini juga bakal disiarkan di CBS dan CBS News 24/7. Pemilihan presiden AS sendiri bakal digelar pada November 2024 mendatang.

Debat perdana Biden dan Trump akan dipandu oleh penyiar berita CNN, Jake Tapper dan Dana Bash.

Dilansir dari CBS, debat ini hanya akan menampilkan dua calon presiden (capres), masing-masing dari Partai Demokrat, yakni Biden, dan dari Partai Republik, yaitu Trump. Sementara semua kandidat nonpartai besar di AS gagal lolos ke tahap debat hingga batas waktu yang ditentukan pada 20 Juni 2024.

Syaratnya adalah kandidat harus mendapatkan setidaknya 15 persen dukungan dalam empat jajak pendapat nasional yang disetujui dan mengikuti pemungutan suara negara bagian, dan harus meraup minimal 270 suara elektoral.

Baca Juga: Fakta-fakta Jelang Debat Perdana Joe Biden-Donald Trump 

2. Debat tanpa penonton

CNN juga menyatakan tidak akan ada penonton di studio untuk memastikan bahwa para kandidat capres bisa memaksimalkan waktu yang diberikan selama debat.

Peraturan baru dalam debat tahun ini adalah mikrofon milik Biden maupun Trump nantinya akan dimatikan ketika bukan giliran mereka berbicara. Alat peraga dan catatan apa pun juga tidak diperbolehkan di podium tempat mereka berdiri. Kandidat capres hanya akan diberikan pena, kertas dan sebotol air.

Debat akan digelar di Atlanta, Georgia dan berlangsung selama 90 menit dengan dua kali jeda iklan. Ketika jeda ini, tim kampanye juga tidak diperbolehkan untuk berinteraksi dengan para kandidat.

3. Debat kedua akan digelar 10 September 2024

Debat Pilpres AS Dimulai, Biden-Trump Tak Jabat TanganJoe Biden dan Donald Trump (IDN Times/Aditya Pratama)

Debat kedua antara Biden dan Trump bakal digelar pada 10 September 2024 oleh stasiun televisi ABC News.

Untuk debat wakil presiden, masih belum ada jadwal pasti yang diumumkan. Namun sejumlah tanggal telah disebutkan, yakni 23 Juli 2024 atau 13 Agustus 2024.

Untuk calon wakil presiden (wapres) Biden, nama Kamala Harris masih menjadi satu-satunya kandidat. Sementara Trump belum mengumumkan siapa kandidat calon wapresnya.

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya