Debat Capres AS Selesai, Trump Langsung Tinggalkan Podium

Sementara Biden dihampiri istrinya, Jill Biden

Jakarta, IDN Times - Debat perdana pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) antara petahana Joe Biden dan Donald Trump telah rampung digelar. Debat selesai pukul 22.38 malam waktu setempat, Kamis (27/6/2024), atau pukul 09.44 pagi WIB, Jumat (28/6/2024).

Terlihat Trump langsung meninggalkan podium ketika debat selesai, sementara Biden masih berdiri dan dihampiri oleh istrinya, Jill Biden, untuk mengucapkan selamat usai debat.

Selama debat, Biden terlihat tidak sehat. Hal ini dikonfirmasi oleh timnya bahwa Biden memang baru saja sembuh dari flu.

1. Tanpa jabat tangan di awal dan akhir debat

Debat Capres AS Selesai, Trump Langsung Tinggalkan PodiumDebat perdana pilpres AS 2024 antara Joe Biden dan Donald Trump. (dok. Youtube CNN)

Ketika Biden dan Trump mulai memasuki ruang debat pemilihan presiden AS 2024 di studio CNN, di Atlanta, kedua kandidat kompak tak saling berjabat tangan.

Begitu memasuki ruangan, keduanya langsung berdiri di podium masing-masing, bahkan tanpa melemparkan senyum satu sama lain. Begitu pun kala debat selesai, Trump juga tak terlihat mencoba menyalami Biden, begitu pun sebaliknya.

Biden dan Trump terakhir bertemu dalam debat pilpres AS 2020 di mana mereka juga tak berjabat tangan lantaran saat itu dunia dilanda pandemik COVID-19.

“Dia (Biden) tidak perlu melakukannya (jabat tangan dengan Trump). Di 2020 ia tak melakukannya, mengapa harus mengubahnya sekarang?” ujar salah satu staf Biden.

Baca Juga: Trump Kritik Keputusan Biden Tarik Pasukan AS dari Afghanistan 

2. Debat tanpa penonton

Debat Capres AS Selesai, Trump Langsung Tinggalkan PodiumDebat perdana pilpres AS antara Joe Biden dan Donald Trump. (dok. Youtube CNN)

Dalam debat perdana ini, tidak ada penonton di studio untuk memastikan bahwa para kandidat capres bisa memaksimalkan waktu yang diberikan selama debat.

Peraturan baru dalam debat tahun ini adalah mikrofon milik Biden maupun Trump nantinya akan dimatikan ketika bukan giliran mereka berbicara. Alat peraga dan catatan apa pun juga tidak diperbolehkan di podium tempat mereka berdiri. Kandidat capres hanya akan diberikan pena, kertas dan sebotol air.

Debat berlangsung selama 90 menit dengan dua kali jeda iklan. Ketika jeda ini, tim kampanye juga tidak diperbolehkan untuk berinteraksi dengan para kandidat.

3. Debat kedua akan digelar 10 September

Debat Capres AS Selesai, Trump Langsung Tinggalkan PodiumDebat perdana pilpres AS 2024 antara Joe Biden dan Donald Trump. (dok. Youtube CNN)

Debat kedua antara Biden dan Trump bakal digelar pada 10 September 2024 oleh stasiun televisi ABC News.

Untuk debat wakil presiden, masih belum ada jadwal pasti yang diumumkan. Namun sejumlah tanggal telah disebutkan yakni 23 Juli 2024 atau 13 Agustus 2024.

Untuk calon wapres Biden, nama Kamala Harris masih menjadi satu-satunya kandidat. Sementara Trump belum mengumumkan siapa kandidat calon wapresnya.

Baca Juga: Di Debat Capres AS, Trump Sebut Pemerintahan Biden Buruk 

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya