Debat Capres AS Digelar Malam Hari Ini

Kamala Harris sudah tiba di Philadelphia

Intinya Sih...

  • Kamala Harris dan Donald Trump akan bertarung dalam debat perdana Capres AS di Philadelphia, Selasa (10/9/2024) pukul 21.00 waktu setempat.
  • Debat dipandu oleh David Muir dan Linsey Davis tanpa penonton di lokasi. Harris percaya diri karena berada di kota pro-Demokrat.
  • Harris berhasil mengumpulkan dana kampanye sebesar 540 juta dolar AS atau sekitar Rp8,3 triliun dengan dukungan sukarelawan yang meningkat selama minggu konvensi.

Jakarta, IDN Times - Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Kamala Harris dan calon presiden AS dari Partai Republik, Donald Trump bakal bertarung dalam debat perdana.

Debat Capres AS perdana ini dijadwalkan berlangsung di National Constitution Center, Philadelphia, Pennsylvania, Selasa (10/9/2024) pukul 21.00 waktu setempat.

Debat ini akan dipandu pembawa berita David Muir dan Linsey Davis. Hanya saja, tidak akan ada penonton di lokasi debat.

Dilansir Channel News Asia, dengan waktu kurang dari dua bulan sebelum pemilu, kemungkinan debat ini adalah yang pertama dan terakhir untuk Harris. Sementara, Trump sudah menghadiri debat capres melawan Joe Biden, sebelum akhirnya Biden mengundurkan diri.

Harris dilaporkan sudah mendarat di Philadelphia, lokasi debat ini akan berlangsung. Trump dikabarkan akan mendarat beberapa jam pada malam nanti dan langsung menuju ke Studio ABC News.

1. Philadelphia basis Partai Demokrat

Debat kali ini digelar di kota yang merupakan basis dari Partai Demokrat. Harris disebut cukup percaya diri untuk menghadapi Trump malam ini lantaran berada di kota yang pro-Demokrat.

Kala Biden melawan Trump di 2020, Biden meraup kemenangan besar di seluruh Pennsylvania, tidak hanya di Philadelphia dan Pittsburgh.

Biden juga meraup dukungan besar di wilayah timur laut Pennsylvania, daerah sekitar Scranton, tempat asalnya.

Baca Juga: Trump Ancam Penjarakan Lawan Politik jika Menang Pilpres AS 2024 

2. Harris raup Rp8,3 T sejak resmi jadi kandidat Demokrat

Debat Capres AS Digelar Malam Hari IniKamala Harris. (x.com/@KamalaHQ)

Harris berhasil mengumpulkan dana kampanye sebesar 540 juta dolar AS atau sekitar Rp8,3 triliun sejak resmi menjadi kandidat presiden Amerika Serikat (AS) pada 21 Juli. Angka fantastis ini termasuk 82 juta dolar AS atau sekitar Rp1,2 triliun yang terkumpul selama minggu Konvensi Nasional Demokrat di Chicago pekan lalu.

Juru bicara tim kampanye Harris, Jen O'Malley Dillon, menyebut jumlah tersebut sebagai rekor untuk kampanye manapun dalam sejarah dalam rentang waktu yang sama.

Pencapaian ini menunjukkan antusiasme yang tinggi dari pendukung Partai Demokrat terhadap pencalonan Harris. Pencalonan ini diumumkan setelah Presiden Joe Biden mengundurkan diri dari pencalonan keduanya.

3. Dua pertiga kontributor baru adalah perempuan

Tim kampanye Harris melaporkan, lonjakan sumbangan yang signifikan, terutama setelah pidato penerimaan nominasi Harris pada Kamis malam.

"Tepat sebelum pidato Wakil Presiden Harris, kami secara resmi melampaui angka 500 juta dolar AS," kata O'Malley Dillon.

Sepertiga sumbangan selama minggu konvensi disebut berasal dari kontributor baru. Dari jumlah tersebut, dua pertiga adalah perempuan dan seperlima adalah pemilih muda.

Kelompok-kelompok ini dianggap sebagai target kritis yang perlu dimobilisasi Harris untuk memenangkan pemilihan pada November mendatang.

Antusiasme juga terlihat dari lonjakan dukungan sukarelawan. Selama minggu konvensi, hampir 200 ribu sukarelawan yang mendaftarkan diri untuk membantu kampanye.

Baca Juga: Putin Dukung Kamala Harris Jadi Presiden AS

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya