Daftar 145 Negara yang Mengakui Palestina

Norwegia, Irlandia, Spanyol baru saja mengakui Palestina

Intinya Sih...

  • Norwegia, Irlandia, Spanyol mengakui Palestina, mendukung solusi dua negara
  • Israel menarik duta besarnya dari Oslo, Dublin, Madrid sebagai respons pengakuan

Jakarta, IDN Times - Pengakuan Norwegia, Spanyol dan Irlandia terhadap negara Palestina membuahkan angin segar terhadap sedikit kemajuan two state solution atau solusi dua negara.

Pengakuan ini juga membuat Israel ketar-ketir. Seketika Israel langsung menarik duta besarnya dari Oslo, Dublin, dan Madrid usai tiga negara ini menyatakan bakal mengakui Palestina sepenuhnya.

Dilansir dari New Arab, Rabu (29/5/2024), dengan pengakuan Norwegia, Irlandia, dan Spanyol ini, total ada 145 dari 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mengakui negara Palestina.

Negara-negara tersebut mencakup sebagian besar wilayah Timur Tengah, Amerika Latin, Afrika, Asia. Namun tidak untuk Amerika Serikat (AS), Kanada, sebagian besar Eropa Barat, Australia, Jepang dan Korea Selatan (Korsel).

Baca Juga: Sah! Norwegia, Spanyol, Irlandia Akui Negara Palestina

1. Aljazair negara pertama yang mengakui Palestina

Daftar 145 Negara yang Mengakui PalestinaIlustrasi bendera Aljazair. (Pixabay.com/jorono)

Pada 15 November 1988, pemimpin Palestina kala itu, Yasser Arafat memproklamirkan negara Palestina dengan Yerusalem sebagai ibu kotanya. Pengumuman tersebut disampaikan di Aljazair, ketika pertemuan Dewan Nasional Palestina, yang mengadopsi solusi dua negara sebagai tujuannya.

Beberapa menit kemudian, Aljazair menjadi negara pertama yang secara resmi mengakui negara Palestina. Dalam beberapa pekan kemudian, puluhan negara lain termasuk negara-negara Arab, India, Indonesia, Turki sebagian besar Afrika, serta Eropa tengah dan timur juga mengakui Palestina.

Baca Juga: Berdampak Besar, Negara Eropa Diimbau Segera Akui Palestina

2. Negara Amerika Selatan mulai mengakui Palestina

Daftar 145 Negara yang Mengakui Palestinailustrasi bendera Argentina. (unsplash.com/Gustavo Sánchez)

Gelombang pengakuan berikutnya datang di akhir 2010 dan awal 2011, di mana negara-negara Amerika Selatan, seperti Argentina, Brasil, dan Chili akhirnya mengakui Palestina.

Pada November 2012, bendera Palestina dikibarkan untuk pertama kalinya di Markas Besar PBB di New York, AS. Majelis Umum kala itu memutuskan meningkatkan status Palestina menjadi negara pengamat non-anggota.

Tiga tahun kemudian, tepatnya 2015, Pengadilan Kriminal Internasional atau ICC juga menerima Palestina sebagai negara pihak.

3. Swedia menjadi anggota Uni Eropa pertama yang mengakui Palestina

Daftar 145 Negara yang Mengakui PalestinaBendera Swedia. (twitter.com/SwedenNato)

Pada 2014, Swedia menjadi negara anggota Uni Eropa pertama yang mengakui negara Palestina. Di Swedia, terdapat banyak komunitas Palestina yang tinggal di sana.

Beberapa negara Eropa juga sudah mengakui Palestina sebelum mereka masuk Uni Eropa, yaitu Bulgaria, Siprus, Ceko, Hongaria, Polandia, dan Rumania.

Setelah pengakuan Norwegia, Spanyol, dan Irlandia terhadap Palestina, negara-negara Eropa lainnya pun diiperkirakan bakal melakukan langkah serupa. Misalnya, Malta dan Slovenia juga sudah menyatakan kesiapannya untuk mengakui negara Palestina.

Topik:

  • Jujuk Ernawati
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya