China Harap Israel Segera Akhiri Pendudukan Palestina

China dukung resolusi Majelis Umum PBB

Intinya Sih...

  • Pemerintah China mendukung resolusi PBB yang menyerukan Israel mengakhiri pendudukan ilegal di Palestina.
  • China berharap implementasi nyata dari keputusan tersebut dan mendesak agar Israel segera mengakhiri pendudukannya terhadap Palestina.
  • Resolusi diadopsi setelah 124 negara mendukung, 43 negara abstain, dan 14 negara menolak, termasuk Amerika Serikat dan Israel.

Jakarta, IDN Times - Pemerintah China menyambut baik resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menyerukan Israel mengakhiri pendudukan ilegal di wilayah Palestina. China berharap implementasi nyata dari keputusan tersebut.

"China mendukung resolusi tersebut dan memberikan suara mendukung, dan berharap bahwa resolusi tersebut akan dilaksanakan sepenuhnya," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Lin Jian dalam konferensi pers di Beijing, dikutip dari ANTARA, Jumat (20/9/2024).

"China menyambut baik dan menghargai adopsi dengan margin yang sangat besar dari rancangan resolusi mengenai pendapat penasihat mengenai kehadiran Israel di wilayah Palestina yang diduduki pada sidang khusus darurat Majelis Umum PBB," tambah Lin.

Baca Juga: Jet Tempur Israel Gempur Lebanon Selatan

1. Israel wajib akhiri pendudukan

China Harap Israel Segera Akhiri Pendudukan PalestinaPerdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. (x.com/@IsraeliPM)

Sementara itu, Lin menyatakan China mendesak agar Israel bisa segera mengakhiri pendudukannya terhadap Palestina.

"Mengakhiri pendudukan bukanlah pilihan, tetapi kewajiban, mengakhiri pertempuran bukan hanya seruan satu negara, tetapi konsensus internasional. Menerapkan solusi dua negara adalah satu-satunya cara yang layak untuk menyelesaikan masalah Palestina," ungkap Lin.

"Menghentikan operasi militer di Gaza tanpa penundaan, dan menghentikan kegiatan permukiman ilegal di Tepi Barat. Negara terkait perlu menunjukkan sikap bertanggung jawab dan mengambil tindakan konkret untuk mendorong pelaksanaan resolusi PBB," sambung dia.

Baca Juga: Siswa Jepang Tewas Usai Ditikam Seorang Pria di China

2. Resolusi diadopsi Majelis Umum PBB minta Israel angkat kaki dari Palestina

China Harap Israel Segera Akhiri Pendudukan PalestinaPotret Markas Pusat PBB (IDN Times/Uni Lubis)

Sebuah resolusi terkait Palestina akhirnya diadopsi lagi lewat pemungutan suara yang dilakukan di Majelis Umum PBB. Utamanya untuk menuntut Israel mengakhiri pendudukannya atas wilayah Palestina dalam waktu 12 bulan.

Resolusi tersebut diadopsi dalam Majelis Umum PBB setelah 124 negara mendukung, 43 negara abstain serta 14 negara menolak.

Sebanyak 14 negara yang menolak tersebut adalah Amerika Serikat (AS), Hungaria, Israel, Argentina, Republik Ceko, Fiji, Malawi, Mikronesia, Nauru, Palau, Papua Nugini, Paraguay, Tonga, dan Tuvalu.

Pemungutan suara ini dilakukan setelah Mahkamah Internasional menyatakan kehadiran Israel di Tepi Barat dan Yerusalem Timur adalah ilegal. Mahkamah Internasional meminta Israel segera mengakhiri pendudukannya selama puluhan tahun tersebut.

Baca Juga: Siswa Palestina Ketakutan Usai Teror Pemukim Israel di Tepi Barat

3. Keputusan PBB dukung terorisme Palestina

China Harap Israel Segera Akhiri Pendudukan PalestinaRuang Sidang Majelis Umum PBB, salah satu dari enam ruang sidang utama. (IDN Times/Uni Lubis)

Sementara itu, Duta Besar Israel untuk PBB Danny Danon mengecam hasil pemungutan suara tersebut. Danny menyebut keputusan itu memalukan karena PBB mendukung terorisme diplomatik Otoritas Palestina.

Baik pendapat Mahkamah Internasional maupun resolusi Majelis Umum PBB memang tidak mengikat, tetapi kedua keputusan tersebut dapat semakin mengisolasi Israel saat para peminpin dunia bersiap untuk bertemu pekan depan di Sidang Majelis Umum PBB ke-79 di Markas Besar PBB, New York, AS.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya