CEK FAKTA: Ganjar Sebut RI Selalu Komit Dukung Kemerdekaan Palestina

Bagaimana prakteknya komitmen Indonesia dukung Palestina?

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyebut bahwa Indonesia selalu setia kepada kesepakatan yang diambil, termasuk salah satunya adalah komitmen mendukung kemerdekaan Palestina.

“Indonesia selalu setia kepada kesepakatan yang diambil. Dekolonisasi yang dilakukan mendorong, meyakinkan kita semua untuk membebaskan seluruh bangsa tanpa perlu mengintervensi satu dengan yang lain, dan inilah komitmen kita pada kemerdekaan Palestina yang kita dukung terus menerus,” kata Ganjar, dalam debat capres ketiga di Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Mantan Menteri Luar Negeri RI Hassan Wirajuda pernah menyebutkan bahwa komitmen Indonesia untuk membantu perjuangan Palestina bersumber dari amanat konstitusi. Pembukaan UUD 1945 yang mengatakan bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ilalah hak segala bangsa, garis bawahi sesungguhnya.

“Oleh karena itu, penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan. Jadi tidak ada dalam bagian paragraf-paragraf lain di pembukaan yang menggunakan kata harus. Sebagai norma iya banyak, tapi bahwa itu harus dihapuskan, itu amanat yang sangat tegas, bahkan keras. Jadi atas dasar itulah kita konsisten mendukung perjuangan bangsa Palestina untuk merdeka,” kata Hassan kepada IDN Times, Agustus 2022.

Hingga saat ini, Indonesia adalah salah satu dari sedikit negara yang konsisten mendukung kemerdekaan Palestina. Sejak Oktober 2023, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi pun melakukan safari ke PBB, Dewan Keamanan PBB, Dewan HAM PBB serta lima negara anggota tetap DK PBB untuk mendukung kemerdekaan Palestina serta meminta Israel menghentikan serangannya ke Jalur Gaza yang masih berlangsung hingga saat ini.

Topik:

  • Anata Siregar
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya