BRICS Terima 6 Anggota Baru, Indonesia Gimana?

Menlu RI menegaskan masih mengkaji keuntungan masuk BRICS

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi mengatakan Indonesia masih mengkaji apa keuntungannya jika bergabung dengan kelompok BRICS yang beranggotakan Brasil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan.

Pada 1 Januari 2024 kemarin, 6 negara baru bergabung dengan BRICS, yakni Argentina, Mesir, Ethiopia, Iran, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. Namun, tak ada Indonesia di dalam daftar anggota baru ini.

“Kita terus mengkaji (soal gabung BRICS) karena tidak ada keputusan yang dikeluarkan begitu saja,” kata Retno dalam Diskusi Kilas Balik Diplomasi Indonesia yang digelar di Jakarta, Kamis (4/1/2024).

“Indonesia masih mempelajari keuntungan yang dapat diperoleh dengan bergabungnya BRICS,” ucap dia lagi.

1. Indonesia buka pintu kerja sama dengan siapa pun

BRICS Terima 6 Anggota Baru, Indonesia Gimana?KTT BRICS di Johannesburg, Afrika Selatan. (twitter.com/mfa_russia)

Retno menambahkan, pada prinsipnya, Indonesia membuka pintu kerja sama dengan negara mana pun, selama saling menguntungkan.

“Posisi Indonesia ini selalu dipegang saat menimbang untuk masuk ke organisasi internasional mana pun. Tapi saya tegaskan, hubungan ekonomi kita dengan negara anggota BRICS semuanya dalam kondisi baik,” ungkap Retno.

Baca Juga: Menlu Retno: Kapal Rumah Sakit RI ke Gaza Sedang Disiapkan

2. Jokowi hadiri KTT BRICS di Johannesburg pada Agustus lalu

BRICS Terima 6 Anggota Baru, Indonesia Gimana?Presiden RI Joko Widodo di KTT BRICS. (dok. Youtube Setpres Afrika Selatan)

Indonesia sendiri sempat diisukan masuk ke BRICS tahun ini. Hal ini diperkuat dengan hadirnya Presiden RI Joko Widodo ke KTT ke-15 BRICS di Johannesburg, Afrika Selatan pada 22-24 Agustus 2023 lalu.

BRICS saat ini menyumbang setidaknya seperempat dari perekonomian global, seperlima dari perdagangan global, dan rumah bagi lebih dari 40 persen populasi dunia.

3. Indonesia belum sampaikan surat EoI

BRICS Terima 6 Anggota Baru, Indonesia Gimana?Keterangan Pers Presiden Jokowi Usai Hadiri KTT ke-15 BRICS, Johannesburg, 24 Agustus 2023 (YouTube.com/Sekretariat Presiden)

Kala itu, Jokowi sempat berujar bahwa salah satu proses yang harus dilalui untuk menjadi anggota baru BRICS adalah menyampaikan surat Expression of Interest. Hingga saat ini, Indonesia belum menyampaikan surat tersebut.

"Untuk menjadi anggota baru dari BRICS suatu negara harus menyampaikan surat Expression of Interest, semua harus menyampaikan surat itu, dan sampai saat ini memang Indonesia belum menyampaikan surat tersebut," kata Jokowi.

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya