Biro Komite Palestina Puji Tekad dan Konsisten RI Bela Gaza

Komite Biro bertemu dengan Menlu Retno Marsudi

Intinya Sih...

  • Biro Komite Palestina untuk PBB berkunjung ke Indonesia, bertemu dengan Menlu Retno Marsudi dan akan bertemu dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto.
  • Palestina berhak menerima haknya sebagai negara dan masyarakat, dengan upaya pengumpulan pengakuan dari negara-negara Eropa dan Asia.
  • Indonesia aktif memperjuangkan kemerdekaan Palestina di tingkat internasional dan regional, termasuk meningkatkan kerja sama untuk Palestina saat ini.

Jakarta, IDN Times - Biro Komite Palestina untuk PBB dari Committee on the Exercise of the Inalienable Rights of the Palestinian People mengunjungi Indonesia. Wakil Tetap Palestina untuk PBB Riyad Mansour juga ikut hadir.

Biro Komite Palestina ini terlebih dahulu diterima Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi. Selanjutnya, Komite ini akan bertemu dengan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan presiden terpilih Prabowo Subianto serta beberapa NGO.

“Kami ucapkan terima kasih yang besar untuk pemerintah Indonesia, kepada masyarakat Indonesia. Kami akan bertemu berbagai pihak di Indonesia dan mengharapkan diskusi yang sangat konstruktif untuk mengakhiri genosida terhadap rakyat Palestina,” kata Mansour, dalam jumpa pers di Kementerian Luar Negeri RI, Kamis (4/7/2024).

Biro Komite Palestina terdiri dari para perwakilan tetap di PBB, antara lain Indonesia, Palestina, Malaysia, Senegal, Namibia, Nikaragua, dan Kuba.

Baca Juga: Usai Berlabuh di Kuba, Kapal Perang Rusia Singgahi Venezuela

1. Harapkan banyak pengakuan atas Palestina

Biro Komite Palestina Puji Tekad dan Konsisten RI Bela GazaWakil Tetap Palestina untuk PBB, Riyad Mansour (tengah). (IDN Times/Sonya Michaella)

Mansour juga menegaskan bahwa Palestina berhak menerima haknya sebagai negara dan masyarakat.

“Jadi semakin banyak pengakuan yang kita miliki atas Negara Palestina, hal ini akan membantu meyakinkan mereka, pihak yang tidak yakin, bahwa kita juga mulai mengumpulkan pengakuan atas negara-negara Eropa dan juga negara-negara di Asia,” tutur Mansour.

2. Indonesia sangat aktif memperjuangkan kemerdekaan Palestina

Biro Komite Palestina Puji Tekad dan Konsisten RI Bela GazaWakil Tetap Palestina untuk PBB, Riyad Mansour (tengah). (IDN Times/Sonya Michaella)

Selain itu, Mansour juga mengatakan Indonesia tidak hanya aktif memperjuangan kemerdekaan Palestina di internasional tapi juga regional. Salah satu yang dibahas komite dengan Retno adalah bagaimana meningkatkan kerja sama untuk Palestina saat ini.

“Kami sangat mengapresiasi Indonesia, yang pergi ke negara-negara Eropa untuk memperjuangkan Palestina, melobi, ke negara-negara Anggota Tetap Dewan Keamanan PBB, untuk berupaya mengakhiri konflik ini,” ucapnya.

Baca Juga: Menlu Retno-Menlu Malaysia Diskusikan Soal Batas Darat

3. Safari Retno Marsudi ke berbagai negara Eropa

Biro Komite Palestina Puji Tekad dan Konsisten RI Bela GazaMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Slovenia Tanja Fajon. (dok. Kemlu RI)

Juru bicara 2 Kementerian Luar Negeri RI Rolliansyah Soemirat menegaskan bahwa selain untuk melakukan pertemuan bilateral, Retno juga kembali mengangkat soal situasi di Jalur Gaza, ketika melakukan kunjungan ke beberapa negara di Eropa beberapa waktu lalu.

“Kunjungan Ibu Menlu ke negara-negara Eropa, selain untuk lakukan pertemuan bilateral juga kembali menekankan pentingnya masyarakat internasional untuk memberikan perhatian ke situasi di Gaza,” kata Roy, sapaan akrabnya, ke awak media di Jakarta, Rabu (3/7/2024).

“Ini akan dilakukan Bu Menlu dalam kapasitas nasional Indonesia maupun anggta Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), untuk terus melakukan pendekatan dengan masyarakat internasional terkait upaya memperoleh dukungan untuk Palestina,” ucap Roy.

Baca Juga: AS Gelontorkan 14 Ribu Bom Berat ke Israel sejak Awal Perang Gaza

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya