Biro Komite Palestina Bakal Bertemu Prabowo Subianto 

Harap pemerintah baru lanjutkan perjuangan untuk Palestina

Intinya Sih...

  • Biro Komite Palestina akan bertemu dengan Presiden Terpilih RI, Prabowo Subianto besok.
  • Ketua Komite berharap pemerintahan baru Indonesia dapat mempertahankan dukungan ke Palestina.
  •  

Jakarta, IDN Times - Biro Komite Palestina bakal diterima oleh Presiden Terpilih RI, Prabowo Subianto, Jumat (5/7/2024) besok. Sebelumnya, Biro ini sudah terlebih dahulu bertemu dengan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dan nanti sore bakal diterima oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

“Besok kami akan bertemu dengan Presiden Terpilih, Prabowo Subianto,” kata Wakil Palestina untuk PBB, Riyad Mansour, dalam jumpa pers di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Kamis (4/7/2024).

Sementara itu, Ketua Komite yang juga Wakil Tetap Senegal untuk PBB, Cheikh Niang, mengatakan, Biro juga bakal mengandalkan pemerintahan baru Indonesia nantinya untuk mempertahankan tradisi dukungan ke Palestina.

“Pesan yang disampaikan Indonesia, baik dari pemerintah maupun masyarakatnya sangat kuat dan berguna di mata internasional. Indonesia bisa membuka mata global apa yang terjadi di Gaza dan Palestina,” ucap Niang.

Baca Juga: Konsisten Bela Palestina, Menlu Retno Panen Apresiasi

1. Retno Marsudi panen pujian atas dedikasinya untuk Palestina

Biro Komite Palestina Bakal Bertemu Prabowo Subianto Retno Marsudi bacakan puisi saat Aksi Damai Bela Palestina di Monas pada Minggu (5/11/2023). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Wakil Tetap RI untuk PBB, Arrmanatha Nasir, mengatakan, Biro Komite Palestina PBB menyampaikan apresiasi tinggi untuk Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi atas dedikasinya memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

“Biro menyampaikan apresiasi ke Menlu Retno karena dedikasinya dan Indonesia dalam memperjuangkan Palestina. Tidak hanya di PBB tapi juga di setiap kesempatan, apakah itu bilateral maupun forum multilateral,” kata Tata, sapaan akrabnya.

“Pengakuan ini tidak hanya datang dari Biro saja, tapi juga dari komunitas internasional,” ucap mantan juru bicara Kemlu RI ini.

Baca Juga: PBB Tanggapi Perintah Evakuasi Israel di Khan Younis

2. Dedikasi tinggi dari Retno

Biro Komite Palestina Bakal Bertemu Prabowo Subianto Wakil Tetap RI untuk PBB di New York, AS, Arrmanatha Nasir (kedua dari kiri). (IDN Times/Sonya Michaella)

Tata mengatakan, salah satu langkah yang sangat diapresiasi adalah kehadiran Retno di Dewan Keamanan PBB serta International Court of Justice (ICJ).

“Contohnya di DK PBB, Menlu Retno terbang 20 jam ke New York hanya untuk berbicara empat menit di DK PBB, karena itu batas waktu yang diberikan ke satu negara, tapi pesan beliau sangat kuat dan jelas,” kata Tata.

Baca Juga: Menlu Retno Safari ke Eropa, Cari Dukungan untuk Palestina 

3. Biro Komite Palestina puji sikap konsisten Indonesia

Biro Komite Palestina Bakal Bertemu Prabowo Subianto Wakil Tetap Palestina untuk PBB, Riyad Mansour (tengah). (IDN Times/Sonya Michaella)

Biro Komite Palestina untuk PBB dari Committee on the Exercise of the Inalienable Rights of the Palestinian People ini sedang berada di Indonesia hingga esok hari. Agenda telah disusun di mana mereka akan bertemu dengan sejumlah pihak di Tanah Air.

“Kami ucapkan terima kasih yang besar untuk pemerintah Indonesia, kepada masyarakat Indonesia. Kami akan bertemu berbagai pihak di Indonesia dan mengharapkan diskusi yang sangat konstruktif untuk mengakhiri genosida terhadap rakyat Palestina,” kata Riyad Mansour.

Biro Komite Palestina terdiri dari para perwakilan tetap di PBB, antara lain Indonesia, Palestina, Malaysia, Senegal, Namibia, Nikaragua, dan Kuba.

Baca Juga: PBB: Penahanan Eks PM Pakistan Imran Khan Langgar Hukum Internasional

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya