Biden-Xi Jinping Deal di Bali, Menlu AS Jadi Kunjungi China

Kunjungan Blinken ke China disepakati saat KTT G20 di Bali

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken tiba di Beijing, China, hari ini. Blinken menjadi diplomat tertinggi AS yang pertama menyambangi China dalam 5 tahun terakhir.

Mulanya Blinken dijadwalkan akan mengunjungi China pada Februari 2023 lalu, namun batal karena adanya insiden balon mata-mata China yang masuk ke wilayah udara AS.

Wacana kunjungan itu disepakati Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping saat keduanya bertemu di KTT G20, Bali, November tahun lalu. Dilansir dari VOA, Minggu (18/6/2023), lawatan Blinken ini dilakukan di tengah mendinginnya hubungan kedua negara akhir-akhir ini.

Baca Juga: Di Tengah Krisis, Menlu AS Antony Blinken Akan Kunjungi China 

1. Blinken bakal menjajaki komunikasi dengan China

Blinken disebut akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri China Qin Gang, penasihat presiden dan diplomat top China, Wang Yi, dan kemungkinan akan diterima oleh Presiden Xi Jinping.

Blinken rencananya bakal menjajaki komunikasi terbuka dengan Beijing dan memastikan sejumlah kerja sama tetap terjalin serta persaingan keduanya tak berkembang menjadi konflik. Kunjungan ini juga diharapkan akan membuka jalan bagi pertemuan Bidan dan Xi di sejumlah KTT multilateral tahun ini.

Baca Juga: Menlu AS Antony Blinken Bakal Kunjungi China, Mulai Akur?

2. Konflik dagang antara AS dan China

Selain itu, hubungan Biden dan Xi juga sempat memburuk, meski keduanya sepakat bertemu di Bali tahun lalu, di sela KTT G20.

Biden bertolak belakang dengan pendahulunya, Donald Trump, di mana ia membatasi ekspor chip komputer AS ke China untuk mempertahankan keunggulan AS dalam elektronik canggih.

Membalas perlakuan AS, China juga melarang perjualan chip memori komputer oleh Micron, produsen milik AS.

Baca Juga: UU Semikonduktor Sah, AS Disebut China Mulai Genderang Perang Dingin

3. Ketegangan politik soal Taiwan

Biden-Xi Jinping Deal di Bali, Menlu AS Jadi Kunjungi ChinaPresiden Taiwan Tsai Ing-wen menghadiri kampanye menjelang pemilihan presiden di Chiayi, Taiwan, pada 7 Januari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Ann Wang

Tak hanya soal perang dagang, hubungan kedua negara dengan ekonomi terbesar di dunia ini juga sempat memanas karena masalah Taiwan.

Sejumlah tokoh politik AS kerap mengunjungi Taiwan dan bertemu dengan para pejabat Taiwan, termasuk Presiden Tsai Ing Wen. Terakhir, pertemuan Ketua DPR AS Kevin McCarthy sempat membuat berang China.

Nancy Pelosi, pendahulu McCarthy, juga sempat membuat murka China karena ia berkunjung ke Taiwan dan bertemu dengan Tsai Ing Wen.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya