Austria Hingga Polandia Dilanda Banjir, 7 Orang Tewas

Banjir terjadi akibat badai Boris

Intinya Sih...

  • Banjir bandang melanda Eropa tengah, menewaskan tujuh orang di Austria, Polandia, serta Rumania
  • Badai Boris menyebabkan banjir, dengan prediksi hujan tambahan 60 liter/meter persegi dan kemungkinan banjir berlanjut di Austria
  • Tingkat air sungai Austria meningkat drastis, menyebabkan banyak sungai kecil meluap, petugas pemadam kebakaran tewas dalam operasi banjir di Lower Austria

Jakarta, IDN Times - Banjir bandang melanda Eropa tengah termasuk Austria bagian timur laut dan menewaskan setidaknya tujuh orang. Otoritas Austria kemudian menyatakan provinsi timur laut tersebut adalah daerah bencana.

Sebanyak satu korban terdata ada di Polandia, yang juga dilanda banjir, serta satu di Rumania. Banjir ini disebabkan oleh Badai Boris yang melanda Eropa tengah dan timur.

Gubernur Lower Austria, Johanna Mikl-Leitner, mengumumkan status daerah bencana itu dalam konferensi pers di Sank-Polten pada Minggu (15/9/2024). Dia menyatakan situasinya terus memburuk karena hujan deras di seluruh negeri.

"Kami sedang menghadapi situasi ekstrem yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Mikl-Leitner, dikutip ANTARA, Senin (16/9/2024).

1. Hujan masih akan melanda wilayah Eropa tengah

Institut Pusat Meteorologi dan Geodinamika Austria (ZAMG) memprediksi hujan tambahan akan mengguyur dengan skala sebesar 60 liter per meter persegi dalam beberapa jam ke depan. Sementara, kemungkinan banjir diperkirakan berlanjut di seluruh negara tersebut.

Mikl-Leitner mengonfirmasi kematian seorang petugas pemadam kebakaran saat bertugas dalam operasi banjir di Lower Austria. 

Baca Juga: Badai Tropis Yagi di Filipina Picu Tanah Longsor-Hujan Deras, 14 Tewas

2. Tingkat air di beberapa sungai Austria cukup tinggi

Sejak Jumat (13/9/2024), tingkat air di beberapa sungai Austria meningkat secara drastis. Lower Austria mengalami kondisi terparah. Menurut otoritas setempat, di wilayah itu banyak sungai kecil sudah meluap akibat hujan deras.

Departemen Pemadam Kebakaran di beberapa kota di Lower Austria, utara Wina, melaporkan para petugas harus menyelamatkan orang-orang yang terjebak di rumah mereka pada malam antara Jumat dan Sabtu. Mereka juga harus menggunakan perahu karet di sejumlah upaya penyelamatan karena banjir yang tinggi.

3. Warga yang tinggal di dekat sungai diminta mengungsi

Pada beberapa kota, penduduk yang tinggal di jalan-jalan dekat aliran sungai diminta untuk meninggalkan rumah. Penetapan status daerah bencana di Lower Austria memberikan wewenang tambahan kepada otoritas setempat, antara lain memerintahkan evakuasi.

Sebanyak dua jalur kereta bawah tanah di Wina ditutup sebagian sebagai tindakan pencegahan. Kemudian, situasi di sepanjang sungai Kamp dan Krems, yang mengalir ke Sungai Danube, menjadi sangat berbahaya.

Baca Juga: Banjir Topan Yagi Landa Myanmar, 74 Orang Tewas

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya