AS Tepis Teori Konspirasi Gulingkan Eks PM Bangladesh

Anak Hasina sebut ada peran asing di Bangladesh

Intinya Sih...

  • Amerika Serikat membantah tudingan campur tangan dalam penggulingan Sheikh Hasina di Bangladesh.
  • Putra Hasina, Sajeeb Wazed Joy, mengklaim adanya "pasukan asing" yang terlibat dalam demo besar di Bangladesh.
  • Salah satu motif konspirasi AS adalah penolakan Hasina menyerahkan Pulau Saint Martin yang bisa memperkuat kekuasaan AS di Teluk Benggala.

Jakarta, IDN Times - Amerika Serikat buka suara soal tudingan yang menyatakannya berperan besar dalam penggulingan eks Perdana Menteri Bangladesh, Sheikh Hasina. Gedung Putih menyatakan tak pernah campur tangan atas situasi yang berkembang di Bangladesh.

Isu ini muncul setelah putra Hasina, Sajeeb Wazed Joy, menyatakan ada peran asing dalam proses penggulingan ibunya. Sekretaris Pers Gedung Putih, Karine Jean-Pierre, menampik laporan yang baru-baru ini muncul.

"Setiap laporan atau rumor yang menyebutkan bahwa pemerintah AS terlibat dalam peristiwa di Bangladesh. Ini salah besar. Ini adalah pilihan untuk dan oleh rakyat Bangladesh. Kami percaya bahwa rakyat Bangladesh harus menentukan masa depan pemerintahnya sendiri. Dan di situlah posisi kami," kata Jean-Pierre, dikutip Channel News Asia, Selasa (13/8/2024).

1. Sempat ada tudingan pihak asing berperan

Joy pernah menyatakan ada "pasukan asing" yang terlibat dalam demo besar di Bangladesh. Mereka, dianggap Joy, punya peran penting dalam proses penggulingan Hasina dan mencurigainya memasok senjata pula kepada pengunjuk rasa.

"Saya yakin, itu berasal dari luar Bangladesh. Hanya badan intelijen yang memiliki kemampuan menyelundupkan dan memasok senjata kepada para pengunjuk rasa," kata Joy.

Baca Juga: AS Dituduh Terlibat Penggulingan Eks PM Bangladesh Sheikh Hasina

2. Terkait dengan Pulau Saint Martin

AS Tepis Teori Konspirasi Gulingkan Eks PM BangladeshPotret Sheikh Hasina (kanan) disandingkan dengan potret ayahnya, Sheikh Mujibur Rahman. (IDN Times/Uni Lubis)

Salah satu motif yang memperkuat konspirasi AS dalam penggulingan adalah karena Hasina menolak menyerahkan Pulau Saint Martin. Wilayah ini memang cukup sentral karena bisa memperkuat kekuasaan AS di Teluk Benggala.

Mengutip pesan yang disampaikan melalui "rekan dekatnya", laporan tersebut menyatakan Hasina, "bisa saja tetap berkuasa" dengan menyerahkan kedaulatan Pulau Saint Martin.

3. Di mana Pulau Saint Martin?

Secara lokal dikenal sebagai Narikel Zinzira, atau Pulau Kelapa, Saint Martin sebuah daratan kecil seluas hanya tiga kilometer persegi, terletak di bagian timur laut Teluk Benggala, sekitar sembilan kilometer di selatan ujung semenanjung Cox's Bazar-Teknaf. Pulau ini menandai titik paling selatan Bangladesh.

Namun, laporan tersebut menambahkan, "Dia memilih untuk tidak mengkompromikan kedaulatan pulau tersebut, dengan menyoroti pentingnya posisi strategis pulau tersebut dan potensi pengaruh geopolitik yang diwakilinya di kawasan tersebut."

Baca Juga: Industri Garmen Bangladesh Beroperasi Lagi Usai Tergulingnya Hasina

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya