Alasan Sumbu Filosofi Yogyakarta Jadi Warisan Dunia UNESCO

Penetapan ini dilakukan di Riyadh, Arab Saudi

Jakarta, IDN Times - Situs Sumbu Filosofi Axis Yogyakarta kini telah diakui secara resmi sebagai Warisan Dunia UNESCO.

Situs Axis Yogyakarta berhasil mendapatkan pengakuan berdasarkan rekomendasi dari ICOMOS, lembaga penasehat UNESCO dengan berlandaskan pada kriteria (ii) dan (iii) UNESCO.

Kriteria (ii) mengacu pada pertukaran nilai-nilai kemanusiaan dalam perkembangan arsitektur, seni monumental, perencanaan kota, atau desain lanskap. Sementara, kriteria (iii) menyoroti testimoni unik dan luar biasa terhadap tradisi budaya atau peradaban yang masih hidup atau telah hilang.

Baca Juga: Sumbu Filosofi Jadi Warisan Dunia, Rekomendasi UNESCO Jadi Perhatian

1. Situs Sumbu Filosofi Axis terkenal dengan warisan budaya

Alasan Sumbu Filosofi Yogyakarta Jadi Warisan Dunia UNESCODelegasi Indonesia di Riyadh, Arab Saudi. (dok. Kemlu RI)

Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad, menyampaikan apresiasi kepada 21 negara anggota Komite Warisan Dunia UNESCO yang telah menerima dan menyetujui nominasi Axis Yogyakarta untuk jadi daftar Warisan Dunia UNESCO, dikutip dari keterangan Kementerian Luar Negeri RI, Rabu (20/9/2023). 

Situs Axis Yogyakarta terkenal dengan perpaduan kekayaan elemen budaya benda dan tidak benda, termasuk keris, batik, wayang, dan gamelan, yang semuanya telah diakui UNESCO dan tercantum dalam Daftar Representatif Budaya Tak Benda UNESCO.

Baca Juga: UNESCO Tetapkan Sumbu Filosofi Yogyakarta Sebagai Warisan Budaya Dunia

2. Bukti nyata warisan pusat peradaban Jawa

Alasan Sumbu Filosofi Yogyakarta Jadi Warisan Dunia UNESCODelegasi Indonesia di Riyadh, Arab Saudi. (dok. Kemlu RI)

Dalam pernyataan nasional Indonesia, Wakil Gubernur DIY Yogyakarta, KGPAA Pakualam X, mengundang seluruh delegasi negara anggota komite untuk merasakan keajaiban Sumbu Axis Yogyakarta secara langsung.

Situs ini menjadi bukti nyata pusat peradaban Jawa dan warisan budaya yang telah hidup dan berkembang sejak abad ke-16 melalui beragam tradisi dan praktik budaya, mulai dari pemerintahan, hukum adat, seni, sastra, festival, hingga ritual upacara.

Baca Juga: Menggembirakan! Ijen Geopark Resmi Jadi Bagian UNESCO Global Geopark

3. Indonesia punya 10 situs yang diakui UNESCO

Alasan Sumbu Filosofi Yogyakarta Jadi Warisan Dunia UNESCOilustrasi Candi Borobudur (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Dengan penetapan Axis Yogyakarta sebagai warisan dunia, Indonesia kini memiliki sepuluh situs yang diakui UNESCO sebagai Warisan Dunia.

Enam di antaranya termasuk dalam kategori warisan budaya, seperti Borobudur, Prambanan, Situs Warisan Purba Sangiran, Subak Bali, Tambang Batu Bara Ombilin, dan Sumbu Axis Yogyakarta.
 
Sedangkan empat lainnya tergolong dalam kategori warisan alam, termasuk Taman Nasional Komodo, Taman Nasional Lorentz, Hutan Hujan Tropis Sumatra, dan Taman Nasional Ujung Kulon.

Baca Juga: UNESCO Dorong Inklusivitas Gender di Perfilman Asia Tenggara

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya