Aksi Bela Palestina Digelar Besok, Menlu Retno Akan Hadir

Aksi ini digelar di Monas sejak pukul 06.00 WIB

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhamad Iqbal, mengonfirmasi bahwa Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi akan menghadiri aksi bela Palestina yang digelar besok pagi, Minggu (5/11/2023) di Monumen Nasional (Monas), Jakarta.

“Benar, Ibu Menlu besok akan hadir langsung dalam aksi damai tersebut,” kata Iqbal, dalam pesan singkatnya, Sabtu (4/11/2023).

Sekitar dua juta orang dilaporkan akan menghadiri aksi damai membela hak-hak bangsa Palestina ini. 

Baca Juga: Jokowi Lepas Pengiriman Bantuan Kemanusiaan RI ke Palestina Hari Ini

1. Digelar di Monas sejak jam 06.00 pagi

Aksi Bela Palestina Digelar Besok, Menlu Retno Akan HadirPoster Aksi Damai Bela Palestina. (dok. Istimewa)

Menurut keterangan yang diterima IDN Times, aksi bela Palestina ini akan digelar di Monas sejak pukul 06.00 hingga 10.00 WIB. Aksi damai ini akan dihadiri sejumlah elemen masyarakat.

Acara ini disebut sebagai aksi damai membela Palestina, tidak memandang apa agamanya, lintas ormas, dan lintas golongan untuk menyuarakan bahwa Indonesia marah dengan apa yang terjadi di Palestina oleh Israel.

Baca Juga: Jokowi: Sulit Kirim Bantuan ke Palestina jika Tak Lewat Pemerintah

2. Indonesia terus berdiri bersama Palestina

Aksi Bela Palestina Digelar Besok, Menlu Retno Akan HadirSave Palestine (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebelumnya, Menlu Retno mengatakan, Indonesia sudah bekerja sekuat tenaga untuk mendukung Palestina, terutama untuk menyerukan penghentian kekerasan dan serangan Israel di Jalur Gaza.

Sampai hari ini, terhitung jumlah korban tewas di Gaza mencapai hampir 10 ribu orang dengan mayoritas adalah anak-anak, perempuan, dan lansia.

“Soal langkah diplomasi, Indonesia sudah all out. Seperti yang disampaikan Bapak Presiden tadi, posisi kita tetap, bahwa kita akan terus bersama dengan rakyat Palestina untuk memperjuangkan hak-haknya dan sekarang kita fokus di kemanusiaan,” kata Retno usai mendampingi Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo melepas bantuan kemanusiaan untuk Gaza di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (4/11/2023).

Baca Juga: Korut Disebut Bela Palestina, Ogah Dukung Israel

3. Indonesia berhasil evakuasi satu keluarga WNI

Aksi Bela Palestina Digelar Besok, Menlu Retno Akan HadirKeluarga Abdillah Onim atau Bang Onim yang berhasil dievakuasi dari Gaza. (dok. Kemlu RI)

Sementara itu, Retno mengonfirmasi bahwa kemarin, lima orang yang terdiri dari 4 Warga Negara Indonesia (WNI) dan satu istri WNI sudah berhasil dievakuasi dari Gaza ke Mesir via perbatasan Rafah.

Lima orang yang terdiri dari empat WNI dan satu istri WNI berkewarganegaran Palestina ini merupakan keluarga dari Abdillah Onim yang sudah sejak lama menetap di Palestina dan melakukan misi kemanusiaan.

"Alhamdullillah, puji syukur, pada tanggal 2 November sekitar pukul 19.00 waktu Mesir atau sekitar pukul 00.00 3 November 2023 waktu Indonesia, 4 WNI dan 1 istri WNI telah berhasil dievakuasi dari Gaza dan sudah tiba di Rafah. Saat ini, saya mendapat laporan bahwa mereka sudah tiba dengan selamat di Kairo, Mesir," kata Retno, dalam jumpa pers Jumat kemarin.

Baca Juga: Prabowo: TNI Siap Kirim Kapal Rumah Sakit ke Palestina

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya