Ada Shuttle Bus untuk Jurnalis Selama KTT ASEAN, Cek Jadwalnya!

Shuttle bus ini melewati empat ruas jalan

Jakarta, IDN Times - Panitia penyelenggara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN 2023 telah menyiapkan shuttle bus gratis menuju Media Center di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada 5-7 September 2023.

“Shuttle bus itu untuk memudahkan pergerakan jurnalis peliput KTT ke-43 ASEAN menuju lokasi Media Center. Ada beberapa titik keberangkatan dan rute. Polri juga melakukan rekayasa untuk kelancaran lalu lintas di Kawasan Senayan, Jakarta,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Usman Kansong, dalam keterangannya, Jumat (1/9/2023).

“Pergerakan kendaraan terbatas karena ada rekayasa lalu lintas selama KTT berlangsung. Jadi kami sediakan shuttle bus yang terus bergerak dengan beberapa rute menuju Media Center,“ lanjut dia.

Baca Juga: Jokowi Tinjau Venue KTT ASEAN di JCC: 99,9 Persen Siap

1. Ada empat rute shuttle yang diberlakukan selama KTT

Ada Shuttle Bus untuk Jurnalis Selama KTT ASEAN, Cek Jadwalnya!Jakarta siap jadi tuan rumah KTT ASEAN ke-43, 5-7 September 2023. (IDN Times/Sonya Michaella)

Ada empat rute yang diberlakukan selama berlangsungnya KTT ke-43 ASEAN. Rute 1, dari Best Western Hotel Senayan menuju Hotel Century, Hotel Mulia Senayan, TVRI, Spark, Hall B JCC. Rute tersebut akan beroperasi mulai 1-6 September 2023 dari pukul 05.00-21.30 WIB.

Rute 2, dari Best Western Hotel Senayan menuju Kemendikbud, Pintu 7, The Sultan Hotel, Hall B JCC. Rute tersebut akan beroperasi mulai 1-6 September 2023 dari pukul 05.00-21.30 WIB.

Rute 3, dari Blue Line Kominfo Stasiun MRT Istora mandiri menuju Pintu 9 GBK. Rute tersebut akan beroperasi mulai 1-6 September 2023 dari pukul 05.00-21.30 WIB.

Rute 4, dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Ritz Charlton Pasific Place, The Langham, Hotel Fairmont, Hotel Mulia, Best Western Hotel Senayan. Rute tersebut akan beroperasi mulai 31 Agustus - 6 September 2023 dari pukul 05.00-22.00 WIB.

Baca Juga: 4 Rute Shuttle Bus Transjakarta untuk KTT ASEAN, Simak Rutenya!

2. Ada 29 ruas jalan yang terdampak rekayasa lalin

Ada Shuttle Bus untuk Jurnalis Selama KTT ASEAN, Cek Jadwalnya!Jakarta siap jadi tuan rumah KTT ASEAN ke-43, 5-7 September 2023. (IDN Times/Sonya Michaella)

Adapun terdapat 29 ruas jalan yang terdampak rekayasa lalu lintas selama KTT ke-43 ASEAN 2023, antara lain Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin, Jalan Gatot Subroto, Jalan HR Rasuna Said, dan Jalan Imam Bonjol. Selanjutnya, ruas Jalan HOS Cokroaminoto, Jalan Galunggung, Jalan RM Margono Djojohadikoesoemo, dan Jalan KH Mas Mansyur.

Ruas selanjutnya ada di Jalan Karet Pasar Baru Timur V, Jalan Karet Pasar Baru Timur II, Jalan Karet Pasar Baru Timur III, Jalan Prof Dr Satrio Sisi Barat, Jalan Kebon Sirih, Jalan Wahid Hasyim dan Jalan Gerbang Pemuda. Lalu, Jalan Pintu Satu Senayan, Jalan Asia Afrika, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Pattimura, Jalan Trunojoyo, dan Jalan Gunawarman.

Kemudian, rekayasa lalu lintas ikut dilakukan di Jalan Majapahit, Jalan Ir Juanda, Jalan Veteran III, Jalan Medan Merdeka Barat, Lingkar Mega Kuningan, Jalan Lingkar SCBD, serta Jalan Setia Budi Tengah.

Baca Juga: Pemprov DKI Imbau Swasta WFH Saat KTT ASEAN Digelar 5-7 September 2023

3. Pemprov sediakan 24 unit bus listrik TransJakarta

Ada Shuttle Bus untuk Jurnalis Selama KTT ASEAN, Cek Jadwalnya!Uji coba bus listrik Transjakarta X Higer berpelanggan (dok. Transjakarta)

Selain itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menyiapkan 24 unit bus listrik TransJakarta untuk melayani para delegasi KTT ke-43 ASEAN 2023. Bus-bus ramah lingkungan tersebut akan dioperasikan pada empat rute khusus selama pelaksanaan pertemuan para kepala negara dan kepala pemerintahan ASEAN bersama para mitra strategisnya.

Hal tersebut turut dibenarkan oleh Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan dan Humas PT TransJakarta, Apriastini Bakti Bugiansri, di Jakarta, Rabu (30/8/2023).

Empat rute khusus itu meliputi pertama, Gedung Serbaguna Senayan-MRT Istora Mandiri-Hotel Sultan (Summit Venue) yang beroperasi sejak pukul 07.00 hingga 22.00 WIB.

Kedua, Gedung Serbaguna Senayan-MRT Istora Mandiri-Ritz Carlton Pacific Place (Sideline) yang beroperasi pukul 07.00-19.00 WIB. Ketiga, Hotel Sultan (Summit Venue)-Ritz Carlton Pacific Place (ABA Venue) yang beroperasi pukul 17.00-19.00 WIB.

Keempat, rute dari Stasiun MRT Istora Mandiri-Balai Sidang JCC Senayan yang beroperasi pukul 05.00-08.00 WIB.

Baca Juga: 29 Ruas Jalan di Jakarta Kena Buka Tutup Selama Gelaran KTT ASEAN

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya