50 WNI Haji Tamu Raja Salman Tiba di Indonesia

Mereka berangkat haji atas undangan Raja Arab Saudi Salman

Intinya Sih...

  • Sekitar 50 warga Indonesia berangkat haji gratis atas undangan Raja Arab Saudi Salman
  • Kloter SUB 01 dan SOC-02 telah kembali ke Tanah Air setelah melaksanakan ibadah haji
  • 14 asrama haji di Indonesia telah menyiapkan layanan kedatangan jemaah haji, termasuk akomodasi dan transportasi

Jakarta, IDN Times - Sekitar 50 warga negara Indonesia berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah haji gratis atas undangan dari Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud. Rombongan tamu haji Raja Salman tersebut sudah rampung melaksanakan ibadahnya dan telah tiba kembali di Indonesia pada Senin (25/6/2024) malam.

Salah satu tamu undangan, Ismi Rohimaningsih, menuturkan bahwa silaturahmi antar jamaah haji biasanya akan langgeng.

"Katanya yakin, kalau pertemanan haji itu tidak akan pernah putus. Kita akan jadi saudara, alumni haji Raja namanya," kata Ismi yang juga istri Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri RI, Andy Rachmianto, dikutip dari ANTARA, Selasa (25/6/2024).

Sebelumnya, para penerima haji dari Raja Salman ini juga dilepas oleh Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal Abdullah H. Amodi pada Sabtu, 8 Juni 2024 kemarin.

Baca Juga: Jemaah Haji di Mina Padat, Ma'ruf Minta Infrastruktur Dibenahi

1. Arab Saudi beri kemudahan bagi semua tamu Allah

50 WNI Haji Tamu Raja Salman Tiba di IndonesiaMenteri Agama RI Yaqut Cholil dan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Abdullah H. Amodi. (IDN Times/Sonya Michaella)

Amodi mengatakan, pemerintah Arab Saudi selalu memberikan kemudahan kepada semua tamu Allah, baik yang akan menjalani ibadah umrah maupun haji.

"Pemerintah Arab Saudi, baik pemerintah maupun rakyatnya, senantiasa memberikan kemudahan kepada para tamu Allah,” ucap Amodi.

2. Pemulangan haji sudah dimulai sejak Sabtu

50 WNI Haji Tamu Raja Salman Tiba di IndonesiaAntrean jemaah haji di depan pintu Gua Hira, Jabal Nur, Makkah, Senin (24/6/2024). (IDN Times Faiz Nashrillah)

Operasional pemulangan jemaah haji ke Tanah Air dimulai Sabtu (22/6/2024). Jemaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) SUB 01 mengawali fase pemulangan jemaah dan diterbangkan dari Bandara King Abdul Azis, Jeddah, Arab Saudi. Kloter SUB 01 take off menuju Indonesia pada pukul 03.15 Waktu Arab Saudi.

Anggota Media Center Kementerian Agama, Widi Dwinanda, mengatakan, selain jemaah haji kloter 01 asal Embarkasi Surabaya, jemaah haji yang tergabung dalam kloter 2 Embarkasi Solo (SOC-02) dengan 360 jemaah serta lima petugas hari ini kembali ke Tanah Air.

“Jemaah haji asal Temanggung dan Magelang ini diterbangkan dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah,” kata Widi dalam keterangan resmi Kemenag di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Sabtu.

Baca Juga: Arab Saudi: 1.301 Jemaah Haji Meninggal Tahun Ini

3. Jemaah bisa menginap semalam di asrama

50 WNI Haji Tamu Raja Salman Tiba di IndonesiaJemaah haji melakukan ibadah Wukuf di Padang Arafah, Makkah, Arab Saudi, Sabtu (15/6/2024). (IDN Times/Faiz Nashrillah)

Widi menjelaskan, sejalan dengan kepulangan jemaah haji dari Tanah Suci, secara simultan 14 asrama haji di Tanah Air telah menyiapkan layanan kedatangan tamu Allah tersebut.

“Untuk layanan akomodasi, disiapkan kamar bagi jemaah haji yang tidak langsung pulang ke rumah (menunggu jemputan keluarga). Jemaah haji juga bisa menginap selama satu malam di asrama haji bila diperlukan. Mendapat snack selamat datang ketika jemaah tiba di asrama haji,” ucapnya.

Widi menyebut asrama haji juga menyiapkan bus untuk membawa jemaah dari bandara ke asrama haji, kendaraan truk untuk membawa koper bagasi jemaah haji, dan layanan ambulans serta minibus untuk membawa jemaah sakit, lansia, atau disabilitas.

Baca Juga: Tangis Haru Jemaah Haji Tiba di Lampung, Kepulangan Perdana

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya