Meriahnya Perayaan 17 Agustus di Sydney

Sebanyak 800 orang meramaikan HUT ke-79 RI

Intinya Sih...

  • Perayaan HUT ke-79 RI di Sydney dihadiri oleh sekitar 800 orang, termasuk Mayor Randwick City Council, Cr Philipa Veitch.
  • Konsulat Jenderal Republik Indonesia Sydney menggelar serangkaian acara menarik dan perlombaan, dengan hadiah total senilai Rp10,4 juta.
  • Konjen RI mengungkapkan pentingnya nasionalisme dan persatuan dalam menghadapi tantangan global serta memuji semangat kebersamaan diaspora Indonesia di Australia.

Jakarta, IDN Times - Perayaan momen 17 Agustus di Sydney berlangsung meriah. Konsulat Jenderal Republik Indonesia Sydney di Kensington Park, Sabtu (17/8/2024), menggelar serangkaian acara yang menarik minat warga negara Indonesia untuk datang dan memeriahkan HUT ke-79 RI tersebut.

Upacara menjadi acara pembuka dalam perayaan 17 Agustus di Sydney. Dipimpin Konjen RI di Sydney, Vedi Kurnia Buana, para diaspora Indonesia yang belajar dan bekerja begitu antusias mengikuti upacara.

"Bangga melihat semangat persatuan dan kesatuan kuat dalam masyarakat kita di Sydney. Saya berharap, mereka dapat menjadi duta-duta Indonesia di mana saja, menjadi contoh baik untuk masyarakat," ujar Vedi dalam keterangannya, Minggu (18/8/2024).

1. Komunitas Indonesia paling hangat di Australia

Meriahnya Perayaan 17 Agustus di SydneyUpacara bendera di KJRI Sydney (Dokumentasi KJRI Sydney)

Ada sekitar 800 orang yang hadir dalam momen tersebut. Salah satunya adalah Mayor Randwick City Council, Cr Philipa Veitch. Menurut Philipa, atmosfer dalam momen 17 Agustus yang tercipta di KJRI begitu hangat.

Dia menilai, diaspora Indonesia telah membuat sebuah atmosfer berbeda dalam kehidupan bermasyarakat di Australia.

"Saya sangat suka dengan komunitas Indonesia. Mereka sangat ramah dan hangat," ujar Philipa.

Baca Juga: Melihat Tradisi Warga Kampung Aur Upacara 17 Agustus di Dalam Sungai

2. Perlu perkuat nasionalisme

Meriahnya Perayaan 17 Agustus di SydneyKonjen RI di Sydney, Vedi Kurnia Buana (Dok KJRI Sydney)

Nasionalisme hingga persatuan, menurut Vedi, perlu dipupuk lebih dalam. Sebab, menurutnya tantangan secara global akan semakin berat dan membutuhkan kerja sama antar semua pihak demi memperkuat Indonesia.

"Di tengah dinamika global yang terus berubah, persatuan dan kesatuan merupakan fondasi kokoh untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan. Bersama-sama kita bisa menjaga identitas budaya, sekaligus berkontribusi positif dalam komunitas internasional. Semangat kebersamaan ini adalah kekuatan utama kita," kata Vedi.

3. Ada lomba khas dan berhadiah menarik

Meriahnya Perayaan 17 Agustus di SydneyLomba balap karung 17 Agustus di KJRI Sydney (Dokumentasi KJRI Sydney)

Tak cuma upacara, perayaan 17 Agustus juga diramaikan dengan sejumlah perlombaan. Ada turnamen golf, bulu tangkis, dan tenis, yang sudah diselenggarakan lebih dulu. Total, hadiahnya berupa voucher Garuda Indonesia yang nilai totalnya mencapai 1.000 dolar Australia atau setara Rp10,4 juta.

Selain itu, ada juga perlombaan khas Indonesia yang digelar seperti balap karung, makan kerupuk, dan tarik tambang.

Baca Juga: Upacara HUT ke-79 RI di Brunei, Warga Antusias Pakai Baju Adat 

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya