Prabowo Terima Telepon dari Erdogan, Ucapkan Doa di Pengujung Ramadan

Erdogan doakan Prabowo bisa beri manfaat bagi warga RI

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto pada Senin (8/4/2024) menerima panggilan telepon dari Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Di penghujung Ramadan itu, Erdogan ucapkan selamat kepada Prabowo atas kemenangannya di pemilu 2024. 

"Selamat atas capaian dalam pemilu," ujar Erdogan kepada Prabowo. 

"Terima kasih banyak, Yang Mulia," kata Prabowo merespons ucapan tersebut.

Di dalam pembicaraan telepon tersebut, Erdogan juga mendoakan Prabowo menjadi pemimpin negara yang membawa manfaat bagi warga Indonesia dan dunia. Baik Prabowo dan Erdogan juga saling mendoakan kesehatan serta kemakmuran untuk masing-masing negara. 

"Selamat Idul Fitri. Semoga Anda selalu sehat," tutur Erdogan lagi. 

Relasi Indonesia dan Turki diketahui memang dekat. Bahkan, pada 2021 saja, Prabowo sudah tujuh kali bolak-balik berkunjung ke Turki.

Presiden Erdogan sempat direncanakan berkunjung ke Indonesia pada 2021 lalu. Namun, hingga kini rencana itu belum terealisasi. 

Baca Juga: Erdogan: Turki Siap Jadi Tuan Rumah Perdamaian Rusia-Ukraina

1. Erdogan ucapkan selamat atas keunggulan Prabowo di pilpres 2024

Prabowo Terima Telepon dari Erdogan, Ucapkan Doa di Pengujung RamadanUcapan selamat datang dari Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Prabowo mengunggah surat ucapan Erdogan dalam akun instagram pribadinya, @prabowo, Kamis (22/2/2024). (Dok. TKN Prabowo-Gibran)

Lebih lanjut, di dalam pembicaraan telepon itu, Erdogan turut mengucapkan selamat atas keunggulan Prabowo di pemilu 2024. Meski Prabowo sudah dinyatakan sebagai pemenang pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), tetapi kemenangannya masih digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK). 

"Sekali lagi, saya ingin mengucapkan selamat atas nama negara saya dan pribadi, atas keunggulan Anda di pilpres," ujar Erdogan. 

Sementara, Prabowo mengatakan sebuah kehormatan dihubungi oleh Erdogan melalui telepon. Pria yang kini sudah berpangkat jenderal penuh itu turut mendoakan agar berkah melimpah bagi rakyat Turki. 

"Saya juga mengucapkan untuk Anda, keluarga dan rakyat Turki, selamat Idulfitri. Semoga berbahagia. Berkah melimpah untuk Anda dan rakyat Anda," katanya lagi. 

Baca Juga: Erdogan Doakan Pemilu Indonesia Berjalan Lancar

2. Erdogan yakin relasi RI-Turki lebih berkembang ketika Prabowo resmi dilantik

Prabowo Terima Telepon dari Erdogan, Ucapkan Doa di Pengujung RamadanPresiden Turkiye Erdogan (Antara)

Di dalam pembicaraan telepon itu, Erdogan mengaku yakin relasi yang sudah terjalin antara Indonesia dan Turki akan terus berkembang di bawah kepemimpinan Prabowo. "Saudaraku yang terhormat, momentum yang belum dapat kita hasilkan di kerja sama kita pada masa tugas Anda sebagai Menhn, akan terus diperkuat. Saling percaya dan kepentingan rakyat kita, juga akan dipererat," kata Erdogan. 

Ia pun mengakui hubungan bilareral Indonesia dan Turki selama ini sudah cukup intens di beberapa area, seperti militer, pertahanan, kerja sama industri yang berkembang ke sektor perdagangan hingga keuangan. 

3. Prabowo-Erdogan diskusi konflik Israel dengan Palestina

Prabowo Terima Telepon dari Erdogan, Ucapkan Doa di Pengujung RamadanMenteri Pertahanan, Prabowo Subianto ketika menerima telepon dari Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. (Dokumentasi Kemhan)

Poin lain yang dibahas di dalam pembicaraan telepon itu yakni mengenai isu yang menjadi perhatian dunia Islam. Terutama yang berhubungan dengan konflik Israel dan Palestina.

Konflik militer kedua negara sudah berlangsung selama enam bulan. Hingga kini belum ada tanda-tanda akan mereda. 

"Saya yakin ini akan menghasilkan nilai tambah yang penting bagi kita, apabila dapat menyelesaikan isu tersebut," kata Erdogan. 

https://www.youtube.com/embed/lV_dwKqbHp4

Baca Juga: Erdogan Titip Pesan ke Jokowi Lewat Polwan Lulusan Terbaik

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya