Kelebihan Berat Badan, Monyet Ini Dipaksa Diet

Biar sehat...

Monyet ini sedang ramai dibicarakan hingga ke dunia internasional. Ia dijuluki Uncle Fat atau Paman Gemuk. Julukan itu bukan tanpa maksud. Berkeliaran di Thailand, monyet tersebut makan dari makanan cepat saji dan soda yang ditinggalkan oleh para turis. Akibatnya, saat ini ia benar-benar tengah kelebihan berat badan.

Monyet ini pun harus menjalani diet ketat.

Kelebihan Berat Badan, Monyet Ini Dipaksa DietSakchai Lalit/AP via The Independent

Paman Gemuk mulai menjadi perbincangan ketika fotonya yang diambil oleh warga lokal viral di media sosial pada April lalu. Di Thailand, monyet memang hidup bebas berkeliaran untuk menarik perhatian turis. 

Monyet pada umumnya hanya memiliki berat 9 kg. Namun, berat Paman Gemuk sudah mencapai hampir tiga kali lipatnya, yakni 26 kg.  Melihat kondisinya, para aktivis binatang pun menyelamatkannya. Dikutip dari The Guardian, Paman Gemuk kini harus menjalani diet ketat dengan mengonsumsi protein, buah-buahan, serta sayur-sayuran.

Namun, usaha untuk menyelamatkan Paman Gemuk ternyata tak mudah. Pasalnya, ia adalah pemimpin di antara kawanannya. Salah satu anggota kru penyelamat, Kacha Phukem, berkata,"Tak mudah menangkapnya. Dia pemimpin di antara kawanannya dan ketika saya berusaha masuk ke dalam (tempat tinggalnya), saya harus berhadapan dengan kelompok monyet dengan tongkat."

Baca Juga: Kena Tipu, Perempuan Ini Tuang Soda ke Mesin ATM

Paman Gemuk dalam kondisi kritis.

Kelebihan Berat Badan, Monyet Ini Dipaksa DietHandout/South China Morning Post

Seorang dokter hewan yang turut menangani diet Paman Gemuk berkata,"Dia punya anak buah dan monyet-monyet lain yang membawakannya makanan tapi dia juga membagikannya ke monyet-monyet yang lebih muda."

Karena selalu mengonsumsi makanan yang dimakan manusia, Paman Gemuk pun memiliki massa lemak berlebihan yang kemudian berkembang menjadi sejenis tumor. "Dia tengah dalam kondisi kritis di mana ada risiko penyakit jantung dan diabetes yang tinggi," tambah sang dokter.

Manusia diminta untuk tak memberi makan makanan yang tak sehat.

Kelebihan Berat Badan, Monyet Ini Dipaksa DietAP/CBS News

Seperti manusia, kesehatan binatang pun akan terancam bila terus-menerus mengonsumsi makanan yang tak sehat. Oleh karena itu, dokter Paman Gemuk meminta manusia untuk tak memberikan makanan tak sehat kepada binatang.

"Saya mengerti bahwa orang-orang merasa kasihan dan ingin memberi makan ketika melihat mereka. Tapi, tolong jangan memberi mereka makanan yang disukai manusia seperti makanan ringan dan soda. Itu sangat buruk untuk kesehatan mereka dan masalahnya diciptakan seutuhnya oleh manusia," tegas sang dokter.

Paman Gemuk saat ini diperkirakan berusia antara 10 hingga 15 tahun. Dokter pun merencanakan bahwa ia harus menjalani diet yang terdiri dari 400 gram protein, buah, serta sayuran sebanyak dua kali sehari. Harapannya Paman Gemuk akan kembali sehat dan dalam beberapa bulan mendatang bisa dilepas kembali ke alam liar.

Baca Juga: Ingin Makan, Pilot ini Memarkir Helikopternya di McDonald's

 

 

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya