Yen Melemah selama 2023, Jepang Terima 25 Juta Turis Asing 

Pengeluaran turis asing mencapai Rp557,6 triliun

Jakarta, IDN Times - Jepang menyambut kedatangan 25,07 juta pengunjung asing pada 2023. Angka tersebut meningkat enam kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut data Organisasi Pariwisata Nasional Jepang (JNTO), lonjakan disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk penghapusan pembatasan perjalanan COVID-19 dan melemahnya yen, dilansir Kyodo News pada Kamis (18/1/2024).

Badan tersebut mencatat, jumlah total pengunjung tahun lalu masih lebih rendah 21,4 persen dibandingkan tingkat sebelum pandemik pada 2019, yang mencapai rekor tertinggi sebanyak 31,88 juta kedatangan.

Meski begitu, jumlah kedatangan bulanan telah melampaui tingkat sebelum pandemik untuk pertama kalinya pada Oktober. Pada Desember, Jepang menerima 2,73 juta wisatawan, hampir dua kali lipat dari tahun sebelumnya dan mencapai rekor tertinggi pada bulan tersebut.

1. Korsel, Taiwan, dan China merupakan wisatawan terbanyak di Jepang

Dilansir Nikkei Asia, negara-negara tetangga Jepang merupakan kontributor terbesar terhadap lonjakan pariwisata.

Jumlah wisatawan terbesar berasal dari Korea Selatan (Korsel) sebanyak 6,96 juta orang, naik lebih dari enam kali lipat dari 2022 di tengah membaiknya hubungan politik Tokyo-Seoul di bawah pemerintahan Presiden Yoon Suk Yeol dan Perdana Menteri Fumio Kishida.

Jumlah wisatawan terbesar selanjutnya berasal dari Taiwan dengan 4,20 juta orang, China sebanyak 2,43 juta orang, dan Hong Kong sebanyak 2,11 juta orang. 

Sebelumnya, China pernah menjadi penyumbang turis asing terbesar di Jepang. Namun, perlambatan ekonomi, jumlah penerbangan yang beroperasi antara kedua negara tidak meningkat signifikan. Penurunan juga terjadi karena Tokyo membuang air limbah yang diolah dari PLTN Fukushima Daiichi ke laut.

Angka kedatangan pengunjung dari Indonesia, Vietnam, dan Filipina juga mengalami peningkatan dibandingkan 4v tahun sebelumnya. Kendati peningkatan tersebut mencakup kedatangan pekerja, namun semakin banyak orang di negara-negara tersebut yang mampu melakukan perjalanan ke luar negeri sebab pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Pesawat Jepang Batal Terbang gegara Penumpang AS Gigit Pramugari

2. Pengeluaran turis asing di Jepang dihabiskan untuk akomodasi, makan, dan minuman

Yen Melemah selama 2023, Jepang Terima 25 Juta Turis Asing Potret Shibuya Crossing di Tokyo, Jepang. (pixabay/uniquedesign52)

JNTO juga melaporkan, pengeluaran pengunjung asing meningkat hingga mencapai rekor 5,29 triliun yen (sekitar Rp557,6 triliun).

Ini pertama kalinya sejak 2010 ketika data mulai dikumpulkan, target yang ditetapkan guna mendukung upaya menghidupkan kembali industri pariwisata, terutama setelah pandemik corona di negara dengan perekonomian terbesar kedua di Asia.

Pengunjung Taiwan menghabiskan jumlah uang paling banyak, yakni 778,6 miliar yen (Rp81,8 triliun), diikuti oleh wisatawan China dengan 759,9 miliar yen (Rp79,9 triliun), dan 744,4 miliar yen (Rp78,3 triliun) oleh warga Korsel.

Dari total belanja para turis, porsi terbesar digunakan untuk akomodasi. Lalu, diikuti oleh belanja, serta untuk minuman dan makanan.

"Orang-orang tinggal lebih lama di negara ini dibandingkan sebelum pandemik untuk menikmati alam, budaya, dan makanan Jepang," kata Komisaris Badan Pariwisata Jepang (JTA), Ichiro Takahashi.

3. Kendala yang dihadapi Jepang atas lonjakan kedatangan turis asing

Yen Melemah selama 2023, Jepang Terima 25 Juta Turis Asing Ilustrasi bandara internasional Tokyo, Jepang. (unsplash.com/Marcus Ng)

Meningkatnya jumlah turis asing juga menimbulkan kekhawatiran soal kekurangan tenaga kerja, serta pariwisata yang berlebihan yang menyebabkan kemacetan dan masalah lain.

Selain itu, gempa bumi dahsyat yang melanda wilayah Noto memicu pertanyaan tentang bagaimana negara tersebut dapat menjamin keselamatan wisatawan.

JTA menyerukan kepada wisatawan asing untuk menggunakan aplikasi Safety Tips di gawai mereka. Aplikasi tersebut menyediakan peringatan perihal gempa bumi dan tsunami, serta informasi bencana lainnya dalam 15 bahasa.

Namun, sejauh ini jumlah orang yang download hanya 400 ribu, itu pun termasuk warga asing yang tinggal di Jepang.

Baca Juga: William Lai Menang Pemilu Taiwan 2024

Rahmah N Photo Verified Writer Rahmah N

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya