Tokyo Buka Fasilitas bagi Pecinta Anime di Ikebukuro Senilai Rp52 M

Untuk menatik banyak wisatawan

Jakarta, IDN Times - Fasilitas pameran anime baru dibuka pada Selasa (31/10/2023) di distrik Ikebukuro, Tokyo, Jepang. Kompleks tiga lantai ini bernama Anime Tokyo Station, yang dioperasikan oleh pemerintah Tokyo dan kelompok industri Asosiasi Animasi Jepang.

Fasilitas tersebut diharapkan dapat mengundang penggemar anime Jepang dari seluruh dunia untuk melihat koleksi materi anime dan belajar tentang dunia animasi Negeri Sakura.

"Kami sangat berharap bahwa fasilitas ini, seperti namanya, akan menjadi titik awal dalam dunia anime dan orang-orang dari seluruh dunia yang mengunjungi Tokyo akan terhubung dengan karya-karya luar biasa ini," kata Gubernur Tokyo, Yuriko Koike, pada acara pembukaan tersebut pada Senin, dikutip dari Kyodo News.

1. Fasilitas ini telah diwacanakan sejak 2022

Fasilitas tersebut mencakup area seluas sekitar 1.300 meter persegi, yang dibuat untuk mempromosikan industri, budaya, dan pariwisata berbasis anime Jepang kepada dunia, serta meningkatkan pariwisata asing.

Anime Tokyo Station berlokasi di dekat pintu timur Stasiun Ikebukuro. Operasi layanan fasilitas ini dibuka mulai pukul 11.00-19.00 waktu setempat dan tutup pada Senin.

Untuk fasilitas pameran ini, pemerintah Tokyo merogoh kocek sekitar 500 juta yen (sekitar Rp52,6 milyar), Asahi Shimbun melaporkan.

Sebelumnya, wacana pembuatan fasilitas ini telah dimulai sejak awal tahun fiskal 2022. Menurut pejabat di Divisi Pariwisata, fasilitas tersebut diususlkan karena hanya ada sedikit fasilitas seperti itu di ibu kota, meskipun Tokyo adalah rumah bagi banyak studio produksi anime dan toko yang menjual barang-barang terkait.

Baca Juga: Jepang Jatuhkan Sanksi ke Pihak yang Punya Hubungan dengan Hamas 

2. Fasilitas yang disuguhkan Anime Tokyo Station

Lantai bawah tanah memamerkan sekitar 50 ribu item, yang berhubungan dengan anime. Ini termasuk gambar seluloid, gambar latar belakang, dokumen perencanaan untuk sekitar 120 karya, dan skenario serial anime populer koleksi pemerintah metropolitan Tokyo, termasuk Astro Boy, Dragon Ball, hingga Dr. Slump: Arale-chan.

Barang-barang itu akan dipamerkan di ruang dengan pengaturan suhu, guna membantu mencegah kerusakan pada barang-barang tersebut.

Di lantai pertama disuguhkan monumen yang menggambarkan adegan anime terkenal. Pengunjung juga bisa mencoba memproduksi anime di workshop yang dibuka secara berkala.

Lantai dua akan menampilkan pameran serial anime populer secara bergilir dan memiliki toko souvenir. Mulai Selasa hingga 28 Januari 2024, area ini akan memamerkan patung-patung dan video gim dari serial populer Naruto yang telah banyak ditonton di luar negeri.

Di sana, pengunjung juga dapat merekam video diri mereka saat melakukan teknik 'jutsu' ninja khas karakter tokoh utama.

3. Tingkatkan reputasi distrik Ikebukuro sebagai kiblat anime dan manga

Seorang pejabat Tokyo mengatakan, dia senang pusat tersebut akhirnya dibuka. Dia juga berharap banyak orang yang datang dan mengetahui betapa meariknya anime.

Seorang penggemar dari Prancis yang mengunjungi fasilitas tersebut pada hari pertama pembukaan mengatakan, anime Jepang sangat bagus dan membuat orang-orang mencintainya, dikutip dari NHK News.

Selain itu, fasilitas ini juga diharapkan dapat meningkatkan reputasi distrik Ikebukuro sebagai kiblat anime dan manga. 

Baca Juga: Pengadilan Jepang Sebut Persyaratan Operasi Trans Tidak konstitusional

Rahmah N Photo Verified Writer Rahmah N

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya