Ledakan Gudang di Uzbekistan Tewaskan 1 Orang, 162 Terluka

Penyebab ledakan masih belum jelas

Jakarta, IDN Times - Sebuah ledakan dahsyat melanda sebuah gudang dekat bandara Tashkent, di Uzbekistan, pada Kamis (28/9/2023). Menurut pihak berwenang negara itu, ledakan tersebut juga memicu kebakaran dan memecahkan jendela-jendela di blok apartemen di dekatnya.

Kementerian Kesehatan melaporkan bahwa insiden itu menewaskan seorang remaja laki-laki karena tertimpa bingkai jendela yang jatuh, serta melukai 162 orang. Pihaknya menambahkan, 24 di antaranya telah dirawat di rumah sakit, sementara 138 lainnya dirawat karena cedera, dilansir Reuters.

Baca Juga: Uzbekistan Gelar Referendum Perpanjang Masa Jabatan Presiden

1. Seputar ledakan dan kebakaran yang terjadi

Dalam video dan foto yang diunggah di media sosial menunjukkan api membumbung ke langit dan kepulan asap besar menggantung di atas gudang, namun penyebab ledakan belum jelas. Laporan terakhir dari Kementerian Situasi Darurat Uzbekistan menyatakan keadaan di lokasi ledakan sepenuhnya terkendali.

"Sejak menit pertama, pimpinan kementerian telah bekerja di lokasi kejadian, dan kekuatan serta sumber daya dari organisasi khusus dilibatkan," kata kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan bahwa pihak berwenang masih menyelidiki penyebab kejadian tersebut dan berupaya memberikan bantuan kepada para korban, dikutip dari CNN.

Kementerian juga mengatakan bahwa sebuah laboratorium khusus telah didirikan di lokasi kejadian, guna menyelidiki insiden tersebut.

Baca Juga: Petugas Imigrasi Tewas Diserang Teroris Uzbekistan, Ini Kronologinya

2. Mengerahkan puluhan petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan

https://www.youtube.com/embed/s8l-PQY-E7Q

Pihaknya juga mengatakan bahwa kebakaran tersebut disebabkan oleh ledakan di area gudang milik Inter Logistics LLC. Gudang itu terletak di distrik Sergeli, dekat dengan bandara Tashkent. Meski begitu, kementerian tidak menyebutkan apa yang ada di dalamnya, yang menyebabkan ledakan dahsyat.

Media pemerintah Rusia Tass kemudian melaporkan, bahwa gudang tersebut berisi beberapa lusin kendaraan listrik dan baterai. Ledakan juga menyebabkan kerusakan kecil pada stasiun bawah tanah Quruvchilar di dekatnya, dilansir AP News.

"Saya terbangun di malam hari. Saya pikir itu adalah gempa bumi," kata Moustafo Kutepov, seorang pensiunan berusia 72 tahun yang tinggal di dekat lokasi kejadian dan rumahnya terkena dampak. 

"Kemudian saya melihat api. Anak saya terluka di kaki," tambahnya, dikutip dari Al Jazeera.

Ledakan terus terdengar beberapa jam setelah kobaran api terjadi saat petugas darurat berusaha mengatasi kebakaran tersebut. Menurut pihak berwenang, lebih dari 2 ribu personel layanan pemadam kebakaran dan penyelamatan dilibatkan dalam memadamkan api.

3. Bandara setempat beroperasi seperti biasa

Ledakan Gudang di Uzbekistan Tewaskan 1 Orang, 162 TerlukaIlustrasi suasana kota Tashkent di Uzbekistan. (unsplash.com/Sarvar Samigov)

Menurut data dari Flightradar24, Insiden yang terjadi tidak berdampak pada kegiatan operasional Bandara Internasional Islam Karimov Tashkent.

Kecelakaan akibat peralatan yang rusak dan rendahnya kepatuhan terhadap standar keselamatan kerap terjadi di negara ini, meski begitu insiden sebesar ini jarang terjadi.

Tashkent adalah kota terbesar di Asia Tengah yang memiliki populasi sekitar 3 juta jiwa. Sementara itu, Uzbekistan merupakan salah satu negara pecahan Uni Soviet, yang secara resmi dinyatakan bubar pada 1991.

Rahmah N Photo Verified Writer Rahmah N

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya