Duh, 14 Ekor Paus Sperma Mati Terdampar di Australia

Bukan kasus pertama yang terjadi di negara tersebut

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 14 paus sperma ditemukan mati dan terdampar di sebuah pantai di Australia. Paus-paus tersebut ditemukan pada Senin sore di King Island, Tasmania, kata Departemen Sumber Daya Alam dan Lingkungan Tasmania.

"Ada kemungkinan paus tersebut adalah bagian dari bachelor pod'yang sama, sekelompok paus sperma jantan muda yang bergabung bersama setelah meninggalkan kelompok induknya," kata departemen tersebut, dikutip dari The Guardian pada Selasa (20/9/2022).

"Anggota masyarakat diingatkan bahwa pelanggaran untuk mengganggu satwa liar yang dilindungi, termasuk memiliki bagian dari paus yang mati, dan diminta untuk menjaga jarak," tambah departemen tersebut.

1. Penyelidikan terdamparnya paus sedang dilakukan

Departemen juga mengatakan bahwa paus sperma tidak biasa terlihat di wilayah tersebut dan berencana untuk melakukan survei udara, guna menentukan apakah ada paus lain di daerah itu.

Peselancar dan perenang juga telah diperingatkan untuk menghindari area, karena bangkai paus dapat menarik hiu ke perairan terdekat.

Tim Program Konservasi Laut pemerintah pun melakukan perjalanan ke pulau tersebut pada Selasa. Saat ini, mereka sedang melakukan nekropsi paus guna mencari tahu penyebab kematian mamalia laut itu, dikutip dari AP News.

Baca Juga: Keluarga Hewan Terbesar, Ini 5 Perbedaan Paus Balin dan Paus Bergigi 

2. Insiden yang sama pernah terjadi di Australia

Duh, 14 Ekor Paus Sperma Mati Terdampar di AustraliaIlustrasi peta Australia. (Pexels.com/Catarina Sousa)

Seorang ilmuwan satwa liar, Vanessa Pirotta, mengatakan bahwa paus mungkin salah arah karena mengikuti pemimpin yang sakit atau bingung.

"Atau dikejutkan ke perairan yang lebih dangkal," katanya, dikutip dari BBC.

Pirotta juga menambahkan, paus sperma seperti bus selam, dan biasanya hewan tersebut menghabiskan waktu di perairan lebih jauh di lepas pantai.

Paus yang terdampar di lepas pantai King Island bukanlah yang pertama kali terjadi di Negeri Kanguru. MenurutThe Guardian, Pada September 2020, sekitar 470 paus pilot bersirip panjang ditemukan terdampar di gundukan pasir di Pelabuhan Macquarie. Peristiwa tersebut pun menjadi rekor terdampar massal terbesar yang pernah tercatat di Australia.

Setelah upaya penyelamatan selama seminggu, hanya 111 paus yang berhasil diselamatkan, sisanya mati.

3. Sekilas tentang paus sperma

Duh, 14 Ekor Paus Sperma Mati Terdampar di AustraliaIlustrasi seekor paus. (pexels.com/Pixabay)

Paus sperma dewasa merupakan salah satu mamalia terbesar di bumi. Dia dapat tumbuh hingga 12 meter atau 39 kaki dengan beratnya mencapai 57 ton, dikutip dari Al Jazeera.

Paus sperma mudah dikenali dari bentuk kepalanya yang besar dan dahi bulat yang menonjol. Hewan ini juga dianggap sebagai hewan yang rentan secara global.

Baca Juga: Perahu Terbalik Tewaskan 5 Orang di Selandia Baru, Ditabrak Paus?

Rahmah N Photo Verified Writer Rahmah N

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya