Pesawat yang Mengangkut Wakil Presiden Malawi Dinyatakan Hilang

Pencarian terus dilakukan

Jakarta, IDN Times - Sebuah pesawat militer yang membawa Wakil Presiden Malawi, Saulos Chilima, dinyatakan hilang dan sedang dalam pencarian. Melansir Aljazeera,  pesawat tersebut membawa Chilima dan sembilan orang lainnya.

Pesawat dikabarkan lepas landas dari ibu kota, Lilongwe pada Senin (10/6/2024). Pesawat disebut gagal melakukan pendaratan darurat karena cuaca buruk.

1. Seharusnya mendarat sejam setelah lepas landas

Pesawat yang Mengangkut Wakil Presiden Malawi Dinyatakan HilangWakil Presiden Malawi, Saulos Chilima (x.com/SKChilima)

Pesawat dikabarkan lepas landas pukul 09.00 waktu setempat. Otoritas penerbangan mengaku kehilangan kontak dengan pesawat.

Kantor Presiden Malawi mengatakan pesawat sempat dalam status kehilangan radar. Pesawat disebut harusnya mendarat di Bandara Internasional Mzuzu kisaran pukul 10.00 waktu setempat.

Baca Juga: Jurnalis Malawi Ditahan karena Tulis Artikel Dugaan Korupsi Pengusaha 

2. Pencarian terus dilakukan

Pesawat yang Mengangkut Wakil Presiden Malawi Dinyatakan HilangPresiden Malawi, Lazarus Chakwera (x.com/LAZARUSCHAKWERA)

Presiden Lazarus Chakwera mengatakan operasi pencarian dan penyelamatan terus dilakukan. Presiden menegaskan pencarian akan terus dilakukan sampai pesawat ditemukan.

"Saya tahu bahwa kita semua ketakutan dan khawatir. Saya juga khawatir. Tetapi saya ingin meyakinkan Anda bahwa saya tidak menyisakan sumber daya yang tersedia untuk menemukan pesawat itu, dan saya terus berpengharapan bahwa kita akan menemukannya," ujar Chakwera mengutip BBC.

Baca Juga: Akibat El Nino, Malawi Umumkan Darurat Kekeringan

3. Belum diketahui pasti penyebab jatuhnya pesawat

Pesawat yang Mengangkut Wakil Presiden Malawi Dinyatakan Hilangilustrasi pesawat terbang tanpa hambatan (pexels.com/Dids)

Belum diketahui pasti alasan hilangnya pesawat. Wapres Chilima diberitakan dalam perjalanan untuk mewakili pemerintah di pemakaman mantan menteri kabinet Ralph Kasambara yang wafat tiga hari lalu.

Karena peristiwa ini, agenda Chakwera untuk terbang ke Bahamas pada Senin malam dibatalkan.

Kabar ini juga membuka fakta soal Chilima yang semat dicopot dari jabatannya pada 2022, dan ditangkan atas tuduhan korupsi skandal suap. Bulan lalu, pengadilan Malawi disebut membatalkan tuduhan tersebut.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya