Ribuan Warga California Mengungsi Akibat Kebakaran Hutan 

Sekitar 36 ribu bangunan terancam kebakaran

Intinya Sih...

  • Kebakaran hutan besar-besaran melanda California, Amerika Serikat
  • Api baru 5 persen terkendali dan mengancam lebih dari 36 ribu struktur
  • Suhu ekstrem mencapai 43 derajat Celsius memperparah kondisi kebakaran

Jakarta, IDN Times - Kebakaran hutan besar-besaran kembali melanda California, Amerika Serikat. Kebakaran yang dijuluki "Line fire" ini telah membakar lebih dari 93 kilometer persegi area hutan dan semak belukar di wilayah California selatan sejak Sabtu (7/9/2024). Ribuan warga di timur Los Angeles diperintahkan untuk segera mengungsi karena kebakaran yang tidak terkendali ini.

Hingga Senin malam waktu setempat, api baru 5 persen terkendali dan mengancam lebih dari 36 ribu struktur, termasuk rumah-rumah penduduk dan bangunan komersial.

"Kami menghadapi suhu tiga digit (dalam Fahrenheit) dan area curam yang sulit dijangkau di mana tidak pernah terjadi kebakaran selama puluhan tahun, atau bahkan dalam sejarah tercatat. Semua vegetasi itu telah menyebabkan beban bahan bakar yang signifikan," ujar juru bicara Cal Fire, Rick Carhart pada Selasa (10/9/2024), dilansir dari Associated Press. 

1. Suhu ekstrem 43 derajat Celsius perparah kebakaran

Suhu ekstrem yang mencapai 43 derajat Celsius di Los Angeles turut memperparah kondisi kebakaran. Situasi ini diperburuk oleh kebakaran yang menciptakan awan pyrocumulonimbus, menghasilkan kondisi cuaca berbahaya seperti angin kencang dan petir.

Dilansir The Guardian, para pemadam kebakaran terpaksa bekerja di medan yang curam dengan suhu di atas 38 derajat Celsius. Kondisi ini sangat membatasi kemampuan mereka dalam mengendalikan api. Akibatnya, tiga petugas pemadam kebakaran dilaporkan terluka dalam upaya pemadaman.

Para ilmuwan memperingatkan bahwa gelombang panas yang terus-menerus, dipicu oleh krisis iklim, memperbesar kebakaran dan membuatnya bertahan lama. 

"Kami tahu bahwa suhu tiga digit akan datang lagi hari ini, itulah sebabnya sangat penting untuk menyelesaikan pekerjaan di malam hari ketika lebih dingin," kata kepala batalion Cal Fire, Brent Pascua.

Baca Juga: Militer Israel Perintahkan Warga Palestina Dievakuasi dari Gaza

2. Sekitar 6 ribu warga dievakuasi dan 20 ribu siswa diliburkan

Menurut juru bicara Cal Fire, Rick Carhart, kebakaran ini telah menyebabkan setidaknya 6 ribu orang harus dievakuasi. Sementara itu, Mara Rodriguez, juru bicara Departemen Sheriff San Bernardino menyatakan bahwa hampir 5 ribu rumah berada di bawah perintah evakuasi dan 17 ribu lainnya dalam status peringatan evakuasi.

Dampak kebakaran juga dirasakan oleh sektor pendidikan. Redlands Unified School District terpaksa membatalkan kelas pada hari Senin untuk sekitar 20 ribu siswa. Melihat besarnya dampak kebakaran ini, Gubernur Gavin Newsom menyatakan keadaan darurat untuk wilayah San Bernardino.

Kebakaran ini mengancam kota-kota pegunungan kecil di Hutan Nasional San Bernardino, area wisata populer yang berjarak sekitar 105 kilometer di timur Los Angeles. Stephen Richardson, seorang warga setempat mengaku telah melakukan persiapan.

"Saya telah memasang papan sisi yang lebih tahan api ke struktur rumah dan memangkas beberapa cabang pohon. Itulah yang bisa saya lakukan, selain berdiri di atas atap dengan selang kebun saya, tapi saya tidak mempertimbangkan itu," kata Richardson.

Sementara itu, Steven Michael King, penduduk Running Springs, awalnya memutuskan untuk tinggal dan membantu para tetangganya ketika api semakin membesar.

"Ini menjadi pilihan, mana yang lebih buruk, terjebak atau berada di tempat penampungan?" kata King.

3. Kebakaran melanda wilayah lain di barat Amerika Serikat

Selain "Line fire", kebakaran lain juga melanda beberapa wilayah di Amerika Serikat bagian barat. Di California utara, kebakaran yang dijuluki "Boyles fire" telah membakar setidaknya 30 rumah dan bangunan komersial serta menghancurkan 40-50 kendaraan. Api ini telah menggusur sekitar 4 ribu orang di sekitar Clearlake.

Sementara itu, di luar Kota Reno, Nevada, kebakaran "Davis fire" telah meluas menjadi sekitar 26 kilometer persegi dan masih belum terkendali. Sekitar 20 ribu orang telah dievakuasi dari lingkungan, bisnis, taman, dan perkemahan di wilayah Washoe, Nevada. Beberapa bagian Reno selatan masih dalam peringatan evakuasi dan beberapa area mengalami pemadaman listrik.

Kebakaran lain juga menyala di Hutan Nasional Angeles, California Selatan, membakar sekitar 5 kilometer persegi. Departemen Sheriff Los Angeles memerintahkan pengunjung di perkemahan dan penduduk di sekitar sungai terdekat untuk dievakuasi.

Di Idaho dan Oregon tengah, kebakaran hutan juga memicu peringatan evakuasi. Petugas di Idaho telah mempersiapkan diri untuk menghadapi upaya pemadaman yang menantang. 

Baca Juga: Debat Capres AS Digelar Malam Hari Ini

Leo Manik Photo Verified Writer Leo Manik

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya