Peretas Korut Dituduh Mencuri Rahasia Militer dan Nuklir AS-Inggris

Data yang dicuri harus ditebus dengan uang

Jakarta, IDN Times - Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Korea Selatan (Korsel) dalam pernyataan bersama, pada Kamis (25/7/2024), menuduh peretas Korea Utara (Korut) telah mencuri rahasia militer dan nuklir. Hal itu dilakukan dengan menargetkan entitas pertahanan, kedirgantaraan, nuklir, dan teknik untuk memperoleh informasi rahasia.

Peretas itu dikenal dengan nama Andariel atau APT45. Kelompok tersebut memanfaatkan aktivitas spionase untuk menghasilkan uang, yang menimbulkan kekhawatiran dampaknya terhadap teknologi sensitif maupun kehidupan sehari-hari.

1. Operator infrastruktur diminta melindugi diri dari peretas

Peretas Korut Dituduh Mencuri Rahasia Militer dan Nuklir AS-InggrisIlustrasi hacker. (Pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Dilansir BBC, Andariel telah membobol sistem informasi di berbagai bidang, dari pemrosesan uranium hingga tank, kapal selam, dan torpedo, dan telah menargetkan Inggris, AS, Korsel, Jepang, India, dan tempat lain. Pangkalan angkatan udara AS, NASA, dan perusahaan pertahanan telah menjadi sasaran.

AS mengatakan kelompok tersebut mendanai aktivitas spionasenya melalui operasi ransomware terhadap entitas perawatan kesehatan AS.

"Operasi spionase siber global yang kami ungkap hari ini menunjukkan sejauh mana aktor yang disponsori Korut bersedia melakukan apa saja untuk meneruskan program militer dan nuklir mereka," kata Paul Chichester, direktur operasi Pusat Keamanan Siber Nasional Inggris (NCSC).

NCSC menilai bahwa Andariel adalah bagian dari badan intelijen Korut yang dikenal sebagai Biro Umum Pengintaian, yang dijatuhi sanksi oleh AS pada 2015.

Baca Juga: Korut Kirim Balon Sampah, Mendarat di Istana Presiden Korsel

2. Peretasan terkait Korut

Ketiga negara berbagi saran untuk membantu mempertahankan diri dari peretasan Korut, yang juga telah mencari informasi tentang mesin robot, lengan mekanik, serta komponen pencetakan 3D.

“Dakwaan ini menunjukkan bahwa kelompok ancaman Korut juga menimbulkan ancaman serius terhadap kehidupan sehari-hari warga negara dan tidak dapat diabaikan atau diremehkan,” kata Michael Barnhart, Analis Utama Mandiant di Google Cloud.

Korut telah dikaitkan dengan peretasan terhadap Sony Pictures pada 2014 sebagai pembalasan atas film komedi Hollywood yang menggambarkan pembunuhan terhadap Kim Jong Un, pemimpin negara komunis itu.

Negara itu juga dikenal dengan aktivitas Grup Lazarus yang telah melakukan pencurian besar-besaran senilai jutaan dolar. 

pada Agustus tahun lalu, Pyongyang dilaporkan telah berhasil membobol sistem di NPO Mashinostroyeniya, sebuah biro desain roket yang berpusat di Reutov, sebuah kota kecil di pinggiran Moskow.

3. AS mendakwa peretas terkait Korut

Peretas Korut Dituduh Mencuri Rahasia Militer dan Nuklir AS-InggrisBendera Amerika Serikat. (Unsplash.com/Cristina Glebova)

Pada Kamis, Departemen Kehakiman AS telah mendakwa Rim Jong Hyok yang dituduh berkonspirasi mengakses jaringan komputer di AS dan pencucian uang. Dia dituduh melakukan serangan ransomware pada Mei 2021 terhadap rumah sakit di Kansas, yang membayar tebusan setelah para peretas mengenkripsi empat server komputernya.

Rumah sakit tersebut membayar dengan bitcoin ke bank di China. Tebusan kemudian ditarik dari ATM di Dandong, China, di sebelah Jembatan Persahabatan China-Korea, yang menghubungkan kota itu dengan Sinuiju, Korut, dilansir dari Reuters.

Biro Investigasi Federal (FB) telah menawarkan hadiah hingga 10 juta dolar AS (Rp163 miliar) untuk informasi yang dapat mengarah pada penangkapan Rim, yang diyakini berada di Korut.

Pejabat FBI dan Departemen Kehakiman sudah menyita beberapa akun daring milik para peretas, termasuk mata uang virtual senilai 600 ribu dolar AS (Rp9,7 miliar), yang akan dikembalikan kepada para korban serangan ransomware.

Baca Juga: Korsel Tuding Korut Tiba-tiba Lepaskan Air Bendungan Perbatasan

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

A

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Rama

Berita Terkini Lainnya