Nigeria: Serangan Teroris Boko Haram Tewaskan 81 Orang

Serangan tampaknya pembalasan kepada warga desa

Intinya Sih...

  • Serangan Boko Haram di desa Mafa, Nigeria, menyebabkan setidaknya 81 orang tewas.
  • Terjadi pembunuhan massal, penghancuran toko dan rumah, serta banyak orang yang hilang.
  • Kelompok militan semakin memperkuat kehadirannya di negara bagian Niger setelah menjalin kerja sama dengan bandit.

Jakarta, IDN Times - Pejabat Nigeria, pada Selasa (3/9/2024), mengatakan setidaknya 81 orang tewas setelah serangan kelompok militan Boko Haram. Serangan itu terjadi di desa Mafa, negara bagian Yobe, timur laut Nigeria pada Minggu.

Yobe merupakan satu dari tiga negara bagian di garis depan pemberontakan yang telah berlangsung selama 15 tahun. Pemberontakan itu tidak hanya menimbulkan korban tewas, tapi juga membuat lebih dari 2 juta orang harus mengungsi.

1. Serangan dilakukan sekitar 150 teroris

Nigeria: Serangan Teroris Boko Haram Tewaskan 81 OrangIlustrasi Teroris (IDN Times/Arief Rahmat)

Bulama Jalaluddin, seorang pejabat setempat, mengatakan 15 mayat telah dikuburkan oleh kerabat mereka saat tentara tiba di Mafa untuk mengevakuasi mayat-mayat tersebut.

"Selain itu, sejumlah korban tewas dari desa-desa sekitar yang terjebak dalam serangan itu diambil dan dikuburkan oleh kerabat mereka sebelum tentara datang. Banyak orang masih hilang dan keberadaan mereka tidak diketahui," kata pejabat itu, dikutip dari VOA News.

"Sekitar 150 tersangka teroris Boko Haram bersenjata senapan dan RPG (granat berpeluncur roket) menyerang daerah Mafa dengan lebih dari 50 sepeda motor sekitar pukul 16.00 pada Minggu," kata Abdulkarim Dungus, juru bicara polisi negara bagian Yobe.

"Mereka membunuh banyak orang dan membakar banyak toko dan rumah. Kami belum dapat memastikan jumlah sebenarnya dari mereka yang tewas dalam serangan itu," tambahnya.

Dungus memperkirakan insiden ini merupakan serangan balasan atas pembunuhan dua teroris Boko Haram oleh warga desa setempat.

2. Warga memperkirakan korban tewas lebih dari 100 orang

Seorang pejabat militer yang mendampingi komandan angkatan darat dari Yobe ke Mafa pada Senin malam mengatakan bahwa rute menuju desa tersebut telah dipasangi bahan peledak, tapi sudah berhasil dijinakkan oleh pasukan.

"Kami menemukan 37 mayat dan membawanya ke Rumah Sakit Umum Babangida," kata pejabat tersebut, dikutip dari Reuters.

Modu Mohammed, seorang warga, mengatakan beberapa warga lainnya hilang dan memperkirakan jumlah korban tewas lebih dari 100 orang. Ia mengatakan beberapa mayat masih ditemukan di semak-semak.

3. Kelompok teroris bekerja sama dengan geng kriminal

Nigeria: Serangan Teroris Boko Haram Tewaskan 81 OrangIlustrasi teroris. (Pixabay.com/TheDigitalWay)

Wilayah timur laut Nigeria selama 15 tahun telah menghadapi serangan dari Boko Haram dan kelompok pemberontak lainnya. Tindakan kekerasan itu menyebabkan lebih dari 40 ribu orang tewas.

Nigeria bagian tengah dan barat laut telah dilanda selama bertahun-tahun oleh geng-geng penjahat yang dikenal sebagai "bandit", yang menyerang desa-desa, membunuh dan menculik penduduk, serta membakar rumah-rumah setelah menjarahnya.

Para pejabat dan analis menyampaikan kelompok militan semakin memperkuat kehadirannya di negara bagian Niger setelah menjalin kerja sama sama dengan bandit.

Baca Juga: Nigeria Akan Mulai Vaksinasi Mpox pada 8 Oktober

Ifan Wijaya Photo Verified Writer Ifan Wijaya

A

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya