Truk BBM Meledak di Haiti: 16 Tewas dan 40 Terluka 

Jenazah korban hangus terbakar hingga tidak dapat dikenali

Jakarta, IDN Times - Sedikitnya 16 orang tewas dan 40 lainnya terluka akibat truk tangki bahan bakar bocor dan meledak di selatan Haiti pada Sabtu (14/9/2024) pagi.

Perdana Menteri Haiti, Garry Conille, mengatakan bahwa ia telah berkomunikasi dengan otoritas di wilayah Nippes, tempat ledakan terjadi, dan tim perlindungan sipil serta pejabat lainnya telah dikerahkan ke lokasi.

“Pemerintah menyatakan solidaritasnya dengan semua korban dan keluarga mereka,” kata Conille dalam sebuah pernyataan di media sosial.

Pihak berwenang di Nippes melaporkan bahwa 16 jenazah hangus terbakar hingga tidak dapat dikenali.

1. Orang-orang mengumpulkan bahan bakar yang tumpah saat kejadian

Menurut saksi mata, tangki bahan bakar truk tersebut bocor akibat bertabrakan dengan kendaraan lain. Warga setempat kemudian bergegas ke lokasi untuk mengumpulkan bahan bakar yang tumpah.

"Ada banyak orang di sana. Mereka yang berada di dekat truk hancur lebur," kata seorang pria, yang tidak disebutkan namanya.

Ketika ditanya berapa banyak orang yang mungkin tewas dalam ledakan tersebut, ia mengatakan sulit untuk menentukannya.

"Anda tidak bisa tahu, karena ada banyak orang, penonton, dan mereka yang mengumpulkan minyak. Ada banyak orang," tambahnya.

Baca Juga: Jamaika Kirim Puluhan Tentara dan Polisi ke Haiti untuk Lawan Geng

2. Tiga orang alami luka bakar hingga 89 persen

Sementara itu, korban luka-luka dibawa ke Rumah Sakit Sainte Therese di kota pelabuhan Miragoane, sekitar 100 km sebelah barat ibu kota, Port-au-Prince.

Emmanuel Pierre, kepala nasional Perlindungan Sipil, mengatakan bahwa korban yang mengalami luka serius akan dirujuk ke rumah sakit regional lainnya untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Di antara korban luka, terdapat seorang pria berusia 31 tahun dan dua pria berusia 23 tahun, yang mengalami luka bakar hingga 89 persen di tubuh mereka. Ketiganya saat ini sedang dirawat di rumah sakit di Les Cayes, bagian selatan Haiti. Dua di antaranya menderita luka bakar tingkat dua, dilansir dari Reuters.

3. Sebanyak 60 orang tewas akibat insiden serupa pada 2021

Insiden serupa terjadi juga pernah terjadi di kota Cap-Haitien pada 2021. Sedikitnya 60 orang tewas ketika sebuah akibat tangki bahan bakar meledak usai terguling di jalan raya. Beberapa warga dilaporkan mencoba mengambil bahan bakar yang tumpah dari truk tersebut saat kejadian.

Negara Karibia ini telah menghadapi kekurangan bahan bakar secara berkala, yang diperparah oleh meningkatnya kekerasan geng di ibu kota dan daerah sekitarnya. 

Dalam beberapa pekan terakhir, pengiriman bahan bakar ke wilayah Miragoane telah melambat karena truk-truk diangkut melalui feri untuk menghindari jalan raya yang dikendalikan geng di sekitar Port-au-Prince.

Baca Juga: Misi Lawan Geng Kriminal, Menlu AS Kunjungi Haiti-Republik Dominika

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

Long life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Rama

Berita Terkini Lainnya