Perempuan Lansia India Tewas Diinjak Gajah 

Empat orang sebelumnya juga tewas akibat serangan gajah

Jakarta, IDN Times - Seorang perempuan berusia 65 tahun tewas diinjak oleh gajah liar di negara bagian Chhattisgarh, India. Ia menjadi korban kelima yang tewas akibat serangan gajah di daerah tersebut selama sebulan terakhir.

Pejabat pada Sabtu (7/9/2024) mengatakan, insiden terbaru itu terjadi di kawasan hutan Balco di distrik Korba. Hewan berkulit tebal itu juga dilaporkan menginjak-injak dua ekor sapi jantan hingga mati.

1. Korban diserang saat tertidur di rumahnya

Arvind PM, petugas kehutanan di Korba, mengatakan bahwa gajah liar menyerang Bhalai Bai dan suaminya di gubuk mereka yang berada di ladang pertanian dekat desa pada Jumat (7/9/2024) malam. Saat kejadian, mereka sedang tidur.

Suami Bhalai Bai selamat karena berhasil melarikan diri dari lokasi kejadian. Gajah itu juga menyerang dan membunuh dua ekor sapi jantan di kawasan tersebut.

Usai mendapat informasi tentang kejadian, petugas kehutanan dan polisi segera mendatangi lokasi kejadian dan membawa jenazah ke rumah sakit untuk diotopsi.

Keluarga korban diberikan bantuan keuangan sebesar 25 ribu rupee (sekitar Rp4,6 juta rupiah), sedangkan sisanya sebesar 575 ribu rupee (sekitar Rp105 juta) akan dibayarkan kemudian sesuai prosedur, dilansir dari NDTV.

Baca Juga: Rusia Beli Barang Elektronik Sensitif dari India

2. Empat orang tewas dalam sebulan terakhir

Gajah yang sama sebelumnya telah menginjak mati seorang pria lanjut usia pada 4 September di Divisi Hutan Katghora di distrik Korba. Pada 8 Agustus, tiga perempuan juga tewas setelah diserang di lokasi terpisah di divisi yang sama.

Gajah tersebut diduga tersesat dari kawanannya dan berkeliaran di dekat pemukiman warga. Pejabat kehutanan dan polisi mengatakan bahwa mereka terus memantau pergerakan gajah tersebut dan berusaha mengusirnya dari area pemukiman.

3. Lebih dari 300 orang tewas akibat serangan gajah di Chhattisgarh selama lima tahun terakhir

Konflik antara manusia dan gajah di Chhattisgarh, terutama di bagian utara negara bagian ini, telah menjadi perhatian utama selama satu dekade terakhir. Ancaman ini juga telah menyebar ke beberapa distrik di wilayah tengah dalam beberapa tahun terakhir.

Serangan gajah terhadap manusia telah telah dilaporkan di beberapa distrik, termasuk Surguja, Raigarh, Korba, Surajpur, Mahasamund, Dhamtari, Gariaband, Balod, Balrampur, dan Kanker.

Menurut departemen kehutanan, lebih dari 300 orang telah tewas akibat serangan gajah di Chhattisgarh dalam lima tahun terakhir.

Baca Juga: Dikira Penyelundup Sapi, Pelajar di India Tewas Tertembak

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

Long life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Rama

Berita Terkini Lainnya