Mumbai Lumpuh akibat Hujan Lebat, 4 Orang Tewas

Hujan memicu banjir dan kemacetan lalu lintas

Intinya Sih...

  • Hujan lebat memicu banjir di Mumbai, India
  • Pihak berwenang mengeluarkan peringatan serius dan menutup sekolah
  • Operasi penerbangan terganggu, beberapa penerbangan dialihkan

Jakarta, IDN Times - Hujan lebat mengguyur kota keuangan India, Mumbai, memicu banjir dan melumpuhkan kota tersebut. Pihak berwenang melaporkan bahwa sedikitnya empat orang tewas akibat insiden terkait hujan.

Beberapa wilayah Mumbai mencatat curah hujan sekitar 275 mm pada Rabu (25/9/2024) malam. Kondisi ini menyebabkan kemacetan lalu lintas dan menangguhkan perjalanan kereta api, yang digunakan oleh jutaan warga kota setiap hari.

1. Sekolah dan perguruan tinggi ditutup

Dengan lebih banyak hujan yang diperkirakan turun, pihak berwenang mengeluarkan peringatan serius untuk seluruh kota dan meminta warga untuk tetap di rumah. Sekolah dan perguruan tinggi ditutup pada Kamis (26/9/2024), dan nelayan diminta untuk tidak pergi ke laut hingga Jumat (27/9/2024)

Rekaman drone yang diunggah di media sosial menunjukkan jalan raya dipenuhi dengan mobil, dengan beberapa di antaranya ditinggalkan oleh pengemudi yang frustrasi. Ratusan ribu penumpang kendaraan umum juga terjebak hingga berjam-jam di jalan.

2. Beberapa penerbangan terpaksa dialihkan

Operasi penerbangan di Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji Maharaj Mumbai menghadapi gangguan signifikan akibat kondisi cuaca yang buruk. Beberapa maskapai penerbangan, seperti SpiceJet, IndiGo dan Vistara mengumumkan bahwa beberapa penerbangan terpaksa dialihkan.

“Karena cuaca buruk (hujan lebat) di Mumbai, semua keberangkatan/kedatangan dan penerbangan lanjutan mereka mungkin terpengaruh. Penumpang diminta untuk terus memeriksa status penerbangan mereka,” kata SpiceJet dalam pernyataan di media sosial X.

3. Hujan lebat diperkirakan akan turun di negara bagian Telangana pada Kamis

Musim hujan umumnya dimulai pada Juni dan akan mereda pada 17 September, namun hujan terus berlanjut tahun ini. Meskipun dapat membantu mengisi kembali pasokan air di waduk, hujan lebat juga berpotensi merusak panen di beberapa negara bagian.

Badan cuaca melaporkan bahwa hujan deras diperkirakan akan terjadi di beberapa wilayah di negara bagian selatan Telangana pada Kamis.

Baca Juga: India Laporkan Kasus Mpox Jenis Clade 1b

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya