Pertama sejak Invasi Rafah, Israel Izinkan Evakuasi Medis di Gaza

Militer Israel izinkan 68 warga Gaza menyeberang ke Mesir

Intinya Sih...

  • Militer Israel izinkan 68 warga Gaza, termasuk anak-anak sakit, menyeberang ke Mesir untuk perawatan medis.
  • 21 pasien leukemia telah dievakuasi ke Mesir dan akan diterbangkan ke Uni Emirat Arab untuk perawatan medis.
  • Lebih dari 25 ribu orang di Gaza memerlukan perawatan di luar negeri, tapi penutupan perbatasan Rafah menghambat akses mereka.

Jakarta, IDN Times - Militer Israel mengatakan bahwa pihaknya telah mengizinkan 68 warga Gaza, termasuk 19 anak-anak yang sakit dan terluka beserta pendamping mereka, menyeberang ke Mesir untuk mendapatkan penangan medis.

Ini adalah pertama kalinya pasukan Israel mengizinkan evakuasi medis sejak mereka mengambil alih perbatasan Rafah, yang menghubungkan Gaza dengan Mesir, pada Mei. Proses evakuasi melalui penyeberangan Kerem Shalom itu dilakukan melalui koordinasi dengan Amerika Serikat (AS), Mesir, dan komunitas internasional.

Baca Juga: Warga Israel Demo, Minta Sandera Bebas dan Netanyahu Mundur

1. Sebanyak 21 pasien leukimia berangkat ke Mesir pada Kamis

Ahmad Zaqout, direktur rumah sakit di Gaza, mengatakan bahwa 21 pasien leukemia telah menyeberang ke Mesir pada Kamis (27/6/2024). Mereka kemudian akan diterbangkan ke Uni Emirat Arab (UEA) untuk perawatan medis.

“Kami menerima cara evakuasi ini, meski rumit. Membawa pasien keluar dengan cara ini tidaklah cukup. Kami terus-menerus mendesak pembukaan perbatasan Rafah untuk memungkinkan sejumlah besar pasien menerima perawatan di luar Gaza," katanya kepada The National.

Zaqout mengungkapkan, ada lebih dari 25 ribu orang di Gaza yang memerlukan perawatan di luar negeri, termasuk 10 ribu pasien kanker. Ia menekankan bahwa rute dari penyeberangan Kerem Shalom ke Mesir tidak bisa menggantikan penyeberangan Rafah.

“Penutupan perbatasan Rafah, hancurnya lebih dari 70 persen kapasitas pengobatan kami, dan tidak adanya pengobatan yang diperlukan, terutama untuk penyakit kanker, telah menciptakan kebutuhan mendesak bagi pasien-pasien ini untuk dapat keluar,” tambahnya.

2. Keluarga harapkan kesembuhan bagi anaknya di luar negeri

Rawand Shahla, yang berusia tiga tahun, menderita masalah otak akibat kekurangan gizi. Ayahnya, Ahmad, mengatakan bahwa dia membutuhkan perawatan darurat yang tidak tersedia di Gaza.

“Rawand berangkat ke Mesir untuk berobat bersama ibu dan empat saudara perempuannya, saya berharap dia mendapat pengobatan dan segera kembali,” kata Ahmad.

Keluarga tersebut telah berkali-kali mengungsi sejak awal perang, dari Gaza utara hingga Rafah di selatan, lalu ke Deir Al Balah di Jalur Gaza tengah.

Sementara itu, Kamla Abu Kwaik tidak dizinkan menemani putranya, Fayez, yang menderita kanker stadium lanjut ke Mesir. Kondisi bocah lima tahun tersebut telah memburuk selama perang dan dia tidak lagi bisa berjalan. Namun, neneknya diizinkan untuk menemaninya selama pengobatan.

“Saya sangat sedih karena saya tidak bisa bersamanya. Anak saya berumur lima tahun dan tidak bisa hidup tanpa ibunya. Dia membutuhkan perawatan khusus. Dia menangis dan terus meminta saya untuk bersamanya, tapi saya tidak bisa berbuat apa-apa,” ungkap Abu Kwaik.

Baca Juga: UNRWA: Sampah Menggunung di Kamp Pengungsian di Gaza

3. WHO apresiasi evakuasi medis tersebut

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa jumlah pasien yang membutuhkan perawatan medis di luar Gaza mencapai lebih dari 10 ribu orang.

“Koridor evakuasi medis harus segera dibangun agar pasien yang sakit kritis dapat keluar dari Gaza secara berkelanjutan, terorganisir, aman dan tepat waktu melalui semua rute yang memungkinkan. Ini termasuk Rafah dan Karem Shalom ke Mesir, Tepi Barat, Yerusalem Timur, dan dari sana ke negara-negara lain bila diperlukan," kata Hanan Balkhy, direktur regional WHO, dalam postingannya di media sosial X.

Ketua WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengapresiasi evakuasi medis terhadap 21 pasien di Gaza pada Kamis, namun juga mengimbau agar pihak-pihak terkait dapat memfasilitasi evakuasi medis melalui semua rute yang memungkinkan.

"Kami mengimbau evakuasi medis berkelanjutan dan proses yang aman, tepat waktu, transparan, dan terorganisir. Pasien-pasien ini sangat membutuhkan perawatan khusus untuk menyelamatkan nyawa yang tidak bisa mereka dapatkan di Gaza," katanya dalam sebuah pernyataan di X.

Baca Juga: Warga Gaza Dibayangi Kelaparan Parah: Sehari Bahkan Bisa Tidak Makan 

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

Long life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya