Harimau Serang Pawangnya di Taman Hiburan Dreamworld di Australia

Korban dilaporkan dalam kondisi stabil

Jakarta, IDN Times - Pawang binatang dilarikan ke rumah sakit setelah seekor harimau menyerangnya di taman hiburan Dreamworld di kota Gold Coast, Australia. Insiden itu terjadi sekitar pukul 9 pagi pada Senin (2/9/2024).

Juru bicara layanan ambulans Queensland (QAS), Justin Payne, mengatakan bahwa perempuan berusia 47 tahun itu dibawa ke rumah sakit Universitas Gold Coast dengan beberapa luka robek di lengannya. 

“Dia pucat dan merasa tidak enak badan, tapi secara umum baik-baik saja dan bisa dibawa ke rumah sakit,” katanya, dikutip dari ABC.

Perempuan itu dilaporkan dalam kondisi stabil.

1. Pihak taman akan lakukan peninjauan secara menyeluruh

Payne tidak dapat menjelaskan bagaimana kejadian tersebut terjadi, namun perempuan itu adalah seorang pawang yang berpengalaman.

"Dia adalah salah satu pelatih berpengalaman dan senior di Dreamworld. Kami percaya bahwa dia telah mendapatkan pelatihan yang baik, dan senang melihat bahwa dia mendapatkan perawatan dari staf pendukung lainnya di sana," ujarnya.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Dreamworld mengonfirmasi insiden yang melibatkan salah satu harimau di taman tersebut.

“Fokus utama Dreamworld adalah memberikan dukungan kepada anggota tim. Ini adalah insiden yang jarang terjadi dan kami akan melakukan peninjauan menyeluruh," kata juru bicara tersebut.

Baca Juga: Imbas Hujan Lebat, Puluhan Ribu Warga Australia Kehilangan Listrik

2. Tiger Island di Dreamworld adalah rumah bagi harimau Sumatera dan Bengal

Dibuka hampir 30 tahun lalu, Tiger Island di Dreamworld adalah salah satu dari dua pameran harimau interaktif di dunia. Taman ini merupakan rumah bagi harimau Sumatera dan Bengal.

Tempat ini menyelenggarakan pertunjukan harimau dua kali sehari, di mana para tamu dapat menyaksikan hewan buas tersebut berenang di bawah air dibuat kagum dengan kekuatan dan tenaga mereka selama waktu makan.

Pada 2022, The Courier Mail melaporkan bahwa salah seorang pawang paling senior di Tiger Island mengalami cedera akibat insiden serupa.

3. Serangan harimau juga pernah terjadi di Kebun Binatang Australia di Sunshine Coast

Dilansir The Guardian, pengunjung Kebun Binatang Australia di Sunshine Coast juga pernah menyaksikan insiden serangan harimau terhadap pawangnya.

Pada 2013, seorang pawang harimau mengalami luka pada arteri karotis, kelumpuhan pada laring kiri dan kerusakan saraf pada mata kiri setelah digigit di bagian leher oleh seekor harimau yang terlalu bersemangat.

Pada 2016, seorang pawang lainnya juga mengalami cedera di pergelangan tangan dan dahi setelah diserang oleh seekor harimau.

Baca Juga: Australia Larang Bos Hubungi Karyawan di Luar Jam Kantor

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

Long life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Rama

Berita Terkini Lainnya