Gedung Ambruk di India, 8 Orang Tewas dan 28 Lainnya Terluka

Insiden tersebut terjadi pada Sabtu sore

Intinya Sih...

  • Gedung tiga lantai di Lucknow ambruk, delapan orang tewas dan 28 lainnya terluka
  • Bangunan tersebut sedang menjalani beberapa pekerjaan konstruksi saat kejadian, sebagian besar korban bekerja di lantai dasar
  • Ketua Menteri Uttar Pradesh Yogi Adityanath menyampaikan ucapan prihatin dan memerintahkan pejabat distrik untuk mempercepat upaya bantuan

Jakarta, IDN Times - Sedikitnya delapan orang tewas dan 28 lainnya terluka setelah sebuah gedung runtuh di negara bagian Uttar Pradesh, India, pada Sabtu (7/8/2024).

Gedung tiga lantai yang berfungsi sebagai gudang dan bengkel motor itu ambruk sekitar pukul lima sore di kota Lucknow. Lima jenazah ditemukan pada Sabtu, sementara tiga lainnya berhasil dievakusi dari reruntuhan pada Minggu (8/9/2024) pagi.

Seorang pejabat setempat mengatakan bahwa operasi penyelamatan kini berfokus untuk memastikan tidak ada lagi orang yang terperangkap di bawah reruntuhan.

Baca Juga: Perempuan Lansia India Tewas Diinjak Gajah 

1. Pekerjaan konstruksi sedang dilakukan di gedung tersebut

Dilansir dari NDTV, polisi mengatakan bahwa bangunan tersebut, yang dibangun sekitar empat tahun lalu, sedang menjalani beberapa pekerjaan konstruksi. Saat kejadian, sebagian besar korban sedang bekerja di lantai dasar.

Menurut keterangan pejabat, gedung tersebut memiliki bengkel motor dan gudang di lantai dasar, gudang medis di lantai satu, dan gudang peralatan makan di lantai dua.

2. Para korban luka dirawat di beberapa rumah sakit

Sementara itu, korban luka telah dibawa ke beberapa rumah sakit di distrik tersebut untuk menerima perawatan. Akash Singh, yang bekerja di gudang medis dan termasuk di antara korban luka, mengungkapkan bahwa salah satu tiang bangunan mengalami retak.

“Kami sempat turun ke lantai dasar karena hujan. Kami melihat ada tiang bangunan yang retak. Tiba-tiba seluruh bangunan roboh menimpa kami,” ujarnya.

Baca Juga: Diduga Makan Sapi, Pria di India Tewas Dihajar Massa

3. Pejabat pemerintah prihatin atas insiden tersebut

Menanggapi peristiwa itu, Ketua Menteri Uttar Pradesh Yogi Adityanath menyampaikan ucapan prihatin dan memerintahkan pejabat distrik untuk mempercepat upaya bantuan.

“Kepala Menteri telah mengarahkan pejabat pemerintah distrik, Pasukan Tanggap Bencana Negara (SDRF) dan tim Pasukan Nasional Tanggap Bencana (NDRF) untuk mencapai lokasi dan mempercepat pekerjaan bantuan, memastikan bahwa korban luka segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Dia juga mendoakan kesembuhan para korban luka,” kata kantor kepala menteri Uttar Pradesh dalam sebuah pernyataan.

Menteri Pertahanan dan anggota parlemen dari Lucknow, Rajnath Singh, juga turut mengungkapkan kesedihannya atas kematian tersebut.

“Berita tentang runtuhnya sebuah bangunan di Lucknow sangat menyakitkan. Saya telah berbicara dengan Hakim Distrik Lucknow melalui telepon dan mendapatkan informasi mengenai situasi di tempat kejadian. Pemerintah setempat sedang melakukan operasi pertolongan dan penyelamatan di lokasi dan terlibat dalam membantu para korban dengan segala cara yang memungkinkan," tulis Singh dalam postingan di media sosial X.

Baca Juga: 28 Orang Tewas dan Ribuan Mengungsi akibat Banjir di India

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

Long life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya