40 Orang Tewas akibat Hujan Badai di Afghanistan timur

Korban diperkirakan akan terus bertambah

Intinya Sih...

  • Sedikitnya 40 orang tewas dan 347 terluka akibat hujan badai di Nangarhar, Afghanistan timur.
  • Bencana ini menimbulkan kerugian finansial di Jalalabad, distrik Sukh Rod, dan sekitarnya. Sekitar 400 rumah dan 60 tiang listrik hancur.
  • Hujan badai pada Mei menewaskan lebih dari 300 orang di provinsi Baghlan. Sedangkan, bus terbalik di jalan raya utama memakan korban jiwa.

Jakarta, IDN Times - Sedikitnya 40 orang dilaporkan tewas dan 347 lainya terluka lainnya akibat hujan badai yang melanda provinsi Nangarhar di Afghanistan timur sejak Senin (15/7/2024).

Pada Selasa (16/7/2024), juru bicara Kementerian Kesehatan Masyarakat Sharafat Zaman Amar mengatakan bahwa petugas kesehatan telah dikirim ke daerah yang terdampak bencana untuk merawat orang-orang yang terluka. Menurutnya, jumlah korban akan terus bertambah, dilansir Xinhua.

Baca Juga: 7 Orang Tewas akibat Tabrakan Minibus-Truk di Pakistan

1. Korban tewas termasuk lima anggota keluarga

Hujan badai terjadi secara tiba-tiba pada Senin (15/7/2024) sore. Bencana ini menimbulkan banyak korban jiwa dan kerugian finansial di Jalalabad, ibu kota provinsi, distrik Sukh Rod dan daerah-daerah sekitarnya.

Dilansir Associated Press, juru bicara provinsi, Sediqullah Quraishi, mengatakan bahwa lima anggota keluarga tewas setelah atap rumah mereka runtuh di distrik Surkh Rod, sementara empat anggota keluarga lainnya mengalami luka-luka.

Quraishi menyebutkan bahwa sekitar 400 rumah dan 60 tiang listrik hancur di seluruh provinsi Nangarhar. Banyak daerah mengalami pemadaman listrik dan komunikasi terbatas di kota Jalalabad. Adapun penilaian kerusakan masih berlangsung, tambahnya.

2. Kerusakan terjadi dalam waktu satu jam

Abdul Wali, 43 tahun, mengungkapkan bahwa sebagian besar kerusakan terjadi dalam waktu satu jam.

“Anginnya sangat kencang sehingga menerbangkan segala sesuatu ke udara. Disusul hujan lebat,” ujarnya. Ia menambahkan bahwa putrinya yang berusia 4 tahun mengalami luka ringan.

Menurut Program Pangan Dunia (WFP), hujan badai pada Mei menewaskan lebih dari 300 orang dan merusak ribuan rumah, terutama di provinsi Baghlan di bagian utara.

Baca Juga: Hujan Deras Guyur Pakistan, 12 Orang Tewas dan 27 Luka-luka

3. Sebanyak 17 orang tewas akibat kecelakaan bus di provinsi Baghlan

Secara terpisah, kantor berita resmi Taliban, Bakhtar, melaporkan bahwa sedikitnya 17 orang tewas dan 34 lainnya terluka ketika sebuah bus terbalik di jalan raya utama yang menghubungkan Kabul dan Balkh di provinsi Baghlan utara pada Selasa.

Belum diketahui pasti apa penyebab kecelakaan itu, namun kondisi jalan yang buruk dan kecerobohan dalam mengemudi sering menjadi penyebab kecelakaan di negara tersebut.

Baca Juga: Pakistan Akan Larang Partai Milik Eks PM Imran Khan

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

Long life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya