4 Orang Tewas akibat Banjir di Jerman Selatan

Seorang petugas pemadam kebakaran ikut menjadi korban

Intinya Sih...

  • Empat orang tewas akibat banjir di Jerman selatan, termasuk seorang petugas pemadam kebakaran
  • Banjir menyebabkan gangguan transportasi dan evakuasi ribuan warga serta penutupan lebih dari 40 sekolah
  • Kanselir Olaf Scholz mengunjungi wilayah terdampak banjir dan memperingatkan akan naiknya permukaan air di beberapa daerah

Jakarta, IDN Times - Korban tewas akibat banjir yang melanda sebagian besar wilayah selatan Jerman telah meningkat menjadi empat orang pada Senin (3/6/2024).

Hujan lebat yang turun terus menerus menyebabkan banjir besar di negara bagian selatan Bavaria dan Baden-Wuerttemberg selama akhir pekan. Banjir tersebut menimbulkan gangguan transportasi yang signifikan, dengan perjalanan kereta api jarak jauh dari arah utara dan barat menuju Munich tidak beroperasi pada Senin.

  • https://apnews.com/article/germany-bavaria-flooding-06a76e342177c61430f282dcabaec1ec#
  • https://www.dw.com/en/germany-floods-firefighter-dies-during-rescue-in-bavaria/live-69244590

1. Beberapa mayat ditemukan di ruang bawah tanah

Dilansir Associated Press, polisi mengatakan bahwa mayat seorang perempuan berusia 43 yang telah dicari sejak Minggu (2/6/2024) pagi ditemukan di ruang bawah tanah di kota Schrobenhausen, Bavaria. Seorang petugas pemadam kebakaran juga ditemukan tewas di dekat Pfaffenhofen pada Minggu, setelah perahu karet yang digunakan bersama rekan-rekannya terbalik saat operasi penyelamatan.

Pada Senin malam, dua mayat lainnya ditemukan di ruang bawah tanah yang terendam banjir di Schorndorf, dekat Stuttgart. Jasad mereka baru ditemukan setelah air di dalamnya dipompa keluar.

Baca Juga: Banjir Melanda Jerman dan Swiss, Warga Bavaria Dievakuasi

2. Kanselir Jerman kunjungi lokasi bencana

Pada Senin, Kanselir Olaf Scholz mengunjungi wilayah yang terdampak banjir di Reichertshofen, sebelah utara Munich, dan bertemu dengan pejabat regional, termasuk Gubernur Bavaria, Markus Söder.

Söder mengatakan bahwa situasi saat ini masih kritis. Air mulai surut di beberapa tempat, namun banjir baru dan evakuasi terjadi di tempat lainnya. Ia memperingatkan bahwa permukaan air diprediksi akan naik di kota Regensburg dan daerah sepanjang sungai Danube.

'Ini bukan hanya satu peristiwa seperti yang telah terjadi selama berabad-abad, dan bahwa serangkaian banjir yang terjadi belakangan ini menunjukkan kita tidak dapat mengabaikan tugas menghentikan perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia," kata Scholz.

Baca Juga: Pemerintah Jerman Dituntut karena Kirim Senjata ke Israel

3. Tiga ribu warga di Bavaria telah dievakuasi

Dilansir DW, Kementerian Dalam Negeri Bavaria pada Minggu mengatakan bahwa tiga ribu warga telah dievakuasi dari rumah mereka akibat banjir. Saat ini, lebih dari 20 ribu pekerja layanan darurat terlibat dalam upaya pencarian dan penyelamatan di seluruh Bavaria.

Kegiatan belajar mengajar secara tatap muka juga ditiadakan di lebih dari 40 sekolah yang tersebar di delapan distrik di Bavaria pekan ini. Penutupan ini berlaku untuk semua jenjang pendidikan, mulai dari SD-SMA hingga TK dan PAUD.

Baca Juga: Kanselir Jerman Peringatkan Rusia Tidak Macam-macam dengan NATO

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

Long life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya