11 Teroris Tewas dalam Operasi Intelijen di Barat Laut Pakistan

Mereka terlibat dalam pembunuhan 7 tentara Pakistan

Jakarta, IDN Times - Militer Pakistan pada Selasa (11/6/2024) mengatakan bahwa mereka telah membasmi 11 teroris dalam operasi berbasis intelijen di wilayah barat laut.

Dilansir Associated Press, pasukan keamanan menggerebek tempat persembunyian teroris pada Senin (10/6/2024) malam di distrik Lakki Marwat di provinsi Khyber Pakhtunkhwa. Operasi itu dilakukan sebagai tanggapan terhadap serangan bom yang menewaskan tujuh tentara Pakistan di distrik tersebut pada Minggu (9/6/2024).

"Operasi sanitasi masih berlangsung untuk menghilangkan teroris lain yang ditemukan di wilayah tersebut. Pasukan keamanan bertekad untuk menghilangkan ancaman terorisme di Pakistan," kata militer dalam sebuah pernyataan.

1. Kelompok militan TTP diduga dalangi serangan

Belum ada yang kelompok mengaku bertanggung jawab atas serangan pada Minggu, namun kecurigaan terbesar tertuju pada kelompok militan Taliban Pakistan, yang dikenal sebagai Tehrik-e-Taliban Pakistan atau TTP.

TTP adalah kelompok terpisah namun merupakan sekutu dekat Taliban yang merebut kekuasaan di Afghanistan pada 2021. Kelompok ini telah meningkatkan serangannya di wilayah Pakistan sejak kembalinya Taliban.

Baca Juga: Mobil Jatuh ke Sungai di Kashmir Pakistan, 6 Orang Tewas dan 10 Hilang

2. Teror meningkat di Pakistan dalam beberapa tahun terakhir

Pakistan telah menyaksikan peningkatan serangan militan dalam beberapa tahun terakhir, terutama di Khyber Pakhtunkhwa.

Pada Januari 2023, sedikitnya 101 orang, sebagian besar petugas polisi, tewas ketika seorang pelaku bom bunuh diri menyerang sebuah masjid di kota Peshawar.

Menurut laporan departemen kontra-terorisme (CTD) kepolisian di Peshawar, sebanyak 65 petugas polisi tewas, sementara 86 lainnya terluka dalam 237 insiden terorisme di provinsi tersebut dalam lima bulan terakhir. Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa polisi telah membunuh 117 militan dan menangkap 299 lainnya dalam serangkaian operasi.

Sebagian besar serangan terhadap pasukan keamanan tahun ini diklaim dilakukan oleh militan Islam.

3. Pakistan tuduh Taliban Afghanistan lindungi teroris

Pihak berwenang Pakistan sering kali menuduh penguasa Taliban di Afghanistan memberikan perlindungan kepada pejuang TTP. Namun, Taliban menyatakan bahwa mereka tidak mengizinkan siapa pun menggunakan tanah Afghanistan untuk melakukan kekerasan di negara mana pun.

TTP juga mengatakan bahwa pihaknya tidak menggunakan tanah Afghanistan untuk menargetkan pasukan keamanan di Pakistan.

Baca Juga: Youtuber Pakistan Tewas Ditembak Petugas Keamanan saat Ngonten

Fatimah Photo Verified Writer Fatimah

Long life learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya